Ini yang Dilakukan China Mencegah Penyebaran Virus Corona terhadap Lansia dan Anak-anak

Kompas.com - 27/03/2020, 18:45 WIB
Ilustrasi pasien terinfeksi virus corona ShutterstockIlustrasi pasien terinfeksi virus corona

KOMPAS.com - China dinilai telah melewati masa-masa sulit wabah virus corona. Hal itu jika melihat pasien positif baru dalam beberapa hari terakhir.

Update pada Jumat (27/3/2020) di Worldmeters, di China hanya ada 55 kasus infeksi baru. Sementara di Jerman ada 3.340 kasus baru, Iran 2.926, Belgia 1.049, sedangkan indonesia sendiri terakhir ada 153 kasus infeksi baru.

Sehingga perlu untuk dilihat dan diketahui bagaimana China melakukan upaya pencegahan wabah yang mulai menyebar sejak Desember 2019 itu.

China melalui Komisi Kesehatan Nasional dan Administrasi Nasional Pengobatan Tradisional merangkum seluruh upaya yang dilakukan negara itu dalam Panduan Menghadapi Virus Corona Model RRC.

Panduan tersebut terus dilakukan penyempurnaan hingga edisi ketujuh.

Baca juga: Saat Para Pejabat Negara Dunia Potong Gaji untuk Tangani Virus Corona

Di antaranya mengenai panduan pencegahan penyebaran virus corona untuk orang di usia lanjut dan anak-anak.

  • Pedoman Pencegahan dan Pengendalian terhadap Orang Lanjut Usia

1. Pastikan bahwa orang lanjut usia (lansia) peka terhadap langkah-langkah perlindungan diri, syarat kebersihan tangan; hindari berbagi barang-barang pribadi, memperhatikan ventilasi atau keluar masuknya udara, dan menerapkan langkah-langkah disinfeksi. Dorong lansia untuk lebih sering mencuci tangan.

2. Ketika orang lanjut usia memiliki gejala-gejala yang mencurigakan seperti demam, batuk, sakit tenggorokan, sesak dada, dispnea, kelelahan, mual, dan muntah, diare, konjungtivitis, nyeri otot, dll., langkah-langkah berikut perlu dilakukan:

2.1 Karantina diri sendiri dan hindari kontak langsung dengan orang lain.

2.2 Status kesehatan harus dinilai/periksa oleh staf medis/kesehatan dan mereka yang memiliki kondisi kesehatan abnormal akan dipindahkan ke rumah sakit atau layanan medis yang tersedia.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X