Pengusaha RI Bantu Erick Thohir Rp 500 Miliar Perangi Virus Corona

Kompas.com - 24/03/2020, 18:40 WIB
Kementerian BUMN dan KADIN Kementerian BUMNKementerian BUMN dan KADIN

KOMPAS.com - Sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri Indonesia ( KADIN) bersama Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia memberikan donasi senilai Rp 500 miliar. 

Pemberian donasi dilakukan untuk menangani pandemi virus corona (Covid-19).

Donasi tersebut berupa alat kesehatan yakni alat uji cepat virus corona, alat perlindungan diri (APD atau personal protective equipment), alat bantu pernapasan (ventilator), dan masker kepada Pemerintah.

Managing Director Sinar Mas, G. Sulistiyanto mengatakan, penyebaran virus yang cepat dan tak memilih korbannya mengingatkan akan pentingnya menggalang solidaritas dalam penanganan pandemi ini.

 

"Kami melihat Kementerian BUMN yang membawahi sejumlah entitas pelayanan publik mesti mendapatkan dukungan,” kata Sulistiyanto seusai penyerahan simbolik peralatan uji cepat dan masker yang diterima Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir, Selasa (24/3/2020). 

Baca juga: Sejumlah Kepala Daerah di Jabar Tumbang karena Corona, Ini Faktanya...

Sementara, Ketua Umum KADIN, Rosan Roeslani berharap lebih banyak lagi sektor swasta yang turut bergabung dalam donasi yang berlangsung secara bertahap.

“Kami berharap, donasi berbagai perusahaan mampu menggalang pendanaan hingga sebesar Rp500 miliar, akan sangat baik jika mencapai lebih dari itu,” kata Rosan. 

Ia menyebut perusahaan yang berkomitmen hari ini adalah Ciputra Group, First Resources Ltd., Mulia dan Wilmar International.

Secara berkala, pihaknya akan melaporkan perkembangan donasi kepada Presiden RI Joko Widodo. 

Baca juga: UN 2020 Dibatalkan, Nadiem: Sebagian Anggaran UN 2020 Direalokasi untuk Penanganan Corona

Izin impor alat kesehatan untuk tangani pandemi

Sementara, Sulistiyanto yang mengoordinasikan inisiatif ini menyatakan Pemerintah memfasilitasi mereka lewat relaksasi perizinan impor alat kesehatan guna penanganan pandemi yang lebih cepat, aman dan menyeluruh.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X