Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut Daftar 8 Negara yang sudah Tetapkan Lockdown akibat Virus Corona

Kompas.com - 18/03/2020, 19:50 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Virdita Rizki Ratriani

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Persebaran virus corona baru atau 2019-CoV sudah menginfeksi lebih dari 150 negara di dunia.

Sementara lebih dari 180 kasus positif virus corona teridentifikasi sejak kasus pertama akhir Desember 2019 di Wuhan, China.

Pesatnya persebaran virus jenis baru ini akhirnya membuat Badan Kesehatan Dunia (WHO) pekan lalu (11/3/2020) menetapkannya menjadi sebuah pandemi.

Berbagai negara pun memiliki kebijakan berbeda-beda untuk menekan dan menyelesaikan bencana wabah penyakit ini. Ada yang mendeklarasikan status darurat, ada juga yang memberlakukan lockdown.

Lockdown yang dalam bahasa indonesia berarti dikunci, kurang lebih memiliki makna yang sama dalam implementasinya.

Masyarakat yang tinggal di suatu wilayah atau negara yang telah dinyatakan lockdown, mereka terkunci di dalam wilayah itu selama status diberlakukan.

Baca juga: Update Corona di ASEAN: 4 Negara Laporkan 0 Kematian, Indonesia 19 Meninggal

Terkunci, artinya mereka tidak bisa keluar dari wilayah tempat mereka berada, kecuali dengan izin khusus. Namun, selama tidak bisa pergi keluar kota atau negara, pemerintah menjamin keterpenuhan kebutuhan sehari-harinya mereka.

Hal yang sama disampaikan oleh Kepala Bidang Media dan Opini Publik Kementerian Kesehatan Busroni.

"Lockdown itu tak boleh keluar, kemudian disarankan aktivitas di rumah. Tapi itu wilayahnya lebih luas, kota, tempat-tempat bisnis. Pembatasan aktivitas luar," kata Busroni, Minggu (15/3/2020) sebagaimana dikutip dari artikel Kompas.com (15/3/2020).

"Lockdown itu seperti di Wuhan, satu kota enggak bisa ngapa-ngapin dan di rumah. Di-support pemerintah makanan dan segala kebutuhan. Enggak boleh keluar, kalau keluar ada aparat yang menjaga. Itu totally lockdown,” tambah dia.

Dan hingga saat ini, setidaknya terdapat 8 negara yang menyatakan mengunci (lockdown) wilayahnya secara nasional.

Baca juga: Wisma Atlet untuk Pasien Covid-19, Wapres: Ada 1.800 Tempat Tidur

1. Spanyol

Pada Senin (9/3/2020) Pemerintah Spanyol mendeklarasikan 15 hari lockdown secara nasionalsebagai salah satu upaya memerangi virus corona baru yang menyebar di sebagian wilayah Eropa, termasuk negaranya.

Di Spanyol, berdasarkan data dari CSSE Johns Hopkins University (JHU), Rabu (18/4/2020) pukul 15.53 waktu setempat, terdapat 11.826 kasus positif Covid-19. Sebanyak 533 kasus dinyatakan meninggal, sementara 1.028 kasus lainnya sudah dinyatakan sembuh.

Sebagaimana dikutip dari BBC (14/3/2020), sebelum masa kuncian berakhir, masyarakat hanya diinjinkan keluar rumah untuk melakukan keperluan yang mendesak, seperti membeli makanan, atau bekerja.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com