Berikut Daftar 8 Negara yang sudah Tetapkan Lockdown akibat Virus Corona

Kompas.com - 18/03/2020, 19:50 WIB
Negara-negara yang Melakukan Lockdown karena Virus Corona KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoNegara-negara yang Melakukan Lockdown karena Virus Corona

KOMPAS.com - Persebaran virus corona baru atau 2019-CoV sudah menginfeksi lebih dari 150 negara di dunia.

Sementara lebih dari 180 kasus positif virus corona teridentifikasi sejak kasus pertama akhir Desember 2019 di Wuhan, China.

Pesatnya persebaran virus jenis baru ini akhirnya membuat Badan Kesehatan Dunia (WHO) pekan lalu (11/3/2020) menetapkannya menjadi sebuah pandemi.

Berbagai negara pun memiliki kebijakan berbeda-beda untuk menekan dan menyelesaikan bencana wabah penyakit ini. Ada yang mendeklarasikan status darurat, ada juga yang memberlakukan lockdown.

Lockdown yang dalam bahasa indonesia berarti dikunci, kurang lebih memiliki makna yang sama dalam implementasinya.

Masyarakat yang tinggal di suatu wilayah atau negara yang telah dinyatakan lockdown, mereka terkunci di dalam wilayah itu selama status diberlakukan.

Baca juga: Update Corona di ASEAN: 4 Negara Laporkan 0 Kematian, Indonesia 19 Meninggal

Terkunci, artinya mereka tidak bisa keluar dari wilayah tempat mereka berada, kecuali dengan izin khusus. Namun, selama tidak bisa pergi keluar kota atau negara, pemerintah menjamin keterpenuhan kebutuhan sehari-harinya mereka.

Hal yang sama disampaikan oleh Kepala Bidang Media dan Opini Publik Kementerian Kesehatan Busroni.

"Lockdown itu tak boleh keluar, kemudian disarankan aktivitas di rumah. Tapi itu wilayahnya lebih luas, kota, tempat-tempat bisnis. Pembatasan aktivitas luar," kata Busroni, Minggu (15/3/2020) sebagaimana dikutip dari artikel Kompas.com (15/3/2020).

"Lockdown itu seperti di Wuhan, satu kota enggak bisa ngapa-ngapin dan di rumah. Di-support pemerintah makanan dan segala kebutuhan. Enggak boleh keluar, kalau keluar ada aparat yang menjaga. Itu totally lockdown,” tambah dia.

Dan hingga saat ini, setidaknya terdapat 8 negara yang menyatakan mengunci (lockdown) wilayahnya secara nasional.

Baca juga: Wisma Atlet untuk Pasien Covid-19, Wapres: Ada 1.800 Tempat Tidur

1. Spanyol

Pada Senin (9/3/2020) Pemerintah Spanyol mendeklarasikan 15 hari lockdown secara nasionalsebagai salah satu upaya memerangi virus corona baru yang menyebar di sebagian wilayah Eropa, termasuk negaranya.

Di Spanyol, berdasarkan data dari CSSE Johns Hopkins University (JHU), Rabu (18/4/2020) pukul 15.53 waktu setempat, terdapat 11.826 kasus positif Covid-19. Sebanyak 533 kasus dinyatakan meninggal, sementara 1.028 kasus lainnya sudah dinyatakan sembuh.

Sebagaimana dikutip dari BBC (14/3/2020), sebelum masa kuncian berakhir, masyarakat hanya diinjinkan keluar rumah untuk melakukan keperluan yang mendesak, seperti membeli makanan, atau bekerja.

2. Malaysia

Negara selanjutnya yang juga memberlakukan lockdown adalah Malaysia sejak Rabu (18/3/2020) hingga 2 pekan ke depan, tepatnya 31 Maret 2020.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X