Update Corona di ASEAN: 4 Negara Laporkan 0 Kematian, Indonesia 19 Meninggal

Kompas.com - 18/03/2020, 19:17 WIB
Ilustrasi virus corona Dok. ShutterstockIlustrasi virus corona

KOMPAS.com - Perkembangan wabah virus corona masih terus terjadi di berbagai belahan dunia. Hingga Rabu (18/3/2020) sore, jumlah kasus Covid-19 yang dikonfirmasi di seluruh dunia telah mencapai 198.193 dengan 7.954 kematian dan 81.961 orang telah dinyatakan sembuh.

Di negara-negara anggota ASEAN, perkembangan kasus virus corona juga terus terjadi dan direspons oleh berbagai kebijakan untuk menahan penyebaran virus.

Tingkat kematian maupun jumlah pasien sembuh di setiap negara pun berbeda-beda.

Ada negara dengan ratusan kasus yang melaporkan 0 kasus kematian seperti Singapura. Selain itu, Brunei Darussalam, Kamboja, dan Vietnam juga belum melaporkan adanya kasus kematian dari kasus virus corona di negaranya. 

Berikut adalah perkembangan terbaru dari pandemi corona di berbagai negara anggota ASEAN:

Baca juga: Wabah Virus Corona, Kemenko Maritim dan Investasi Sebut Rumah Sakit Swasta Diberdayakan

Brunei Darussalam

Hingga Rabu (18/3/2020), jumlah kasus virus corona yang dilaporkan di Brunei Darussalam adalah sebanyak 56 kasus.

Dari jumlah tersebut, tidak ada kasus kematian yang dilaporkan. 

Melansir ASEAN Briefing, Brunei mengatakan bahwa pihaknya telah melarang warga negara maupun penduduk asing untuk meninggalkan wilayahnya. 

Kamboja

Pada Rabu (18/3/2020), jumlah kasus virus corona yang telah dilaporkan di Kamboja adalah sebanyak 33 kasus. 

Satu pasien telah dinyatakan sembuh. Hingga kini, belum ada kasus kematian yang dilaporkan dari kasus-kasus yang telah dikonfirmasi.

Sebelumnya, Kamboja telah memerintahkan penutupan sekolah-sekolah di ibu kota, Phnom Penh, dan wisata populer Siem Reap. 

Negara ini juga telah mengumumkan pelarangan masuknya wisatawan dari Italia, Jerman, Spanyol, Perancis, dan AS selama 30 hari.

Baca juga: Bukan Rekayasa Genetika Virus Corona dari Epidemi Alami, Ini Buktinya

Indonesia

Terbaru, pemerintah Indonesia mengumumkan jumlah kasus infeksi virus corona di wilayahnya telah mencapai 227 orang dengan 19 kasus kematian dan 11 pasien dinyatakan sembuh.

Terus bertambahnya jumlah kasus menyebabkan Kementerian Luar Negeri menambah kebijakan pelarangan masuk atau pun transit ke Indonesia bagi pendatang yang melakukan perjalanan dari Iran, Italia, Vatikan, Spanyol, Perancis, Jerman, Swiss, dan Inggris dalam 14 hari terakhir. 

Laos

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X