Kompas.com - 22/02/2020, 19:35 WIB
Pasien beristirahat di ranjang mereka di ruang tamu Wuhan Convention Center yang diubah menjadi rumah sakit darurat pada Sabtu (15/2/2020). China Daily via ReutersPasien beristirahat di ranjang mereka di ruang tamu Wuhan Convention Center yang diubah menjadi rumah sakit darurat pada Sabtu (15/2/2020).

KOMPAS.com - Kasus penyebaran virus corona jenis baru yang kini dikenal dengan Covid-19 terus meluas.

Selain merebak di Kota Wuhan, China, virus corona jenis baru ini juga merebak di puluhan negara, termasuk Korea Selatan.

Hingga Sabtu (22/2/2020), tercatat ada lonjakan tinggi kasus virus corona di Kota Daegu, Korea Selatan, yakni sebesar 433 kasus di mana sebelumnya hanya terdapat 204 kasus.

Baca juga: Korea Selatan Umumkan Kematian Kedua akibat Virus Corona

Tak hanya mengalami lonjakan kasus yang tinggi, korban yang meninggal akibat virus corona di Korea Selatan bertambah 1 orang, sehingga jumlah korban yang meninggal menjadi 2 orang.

Kendati demikian, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Teuku Faizasyah mengimbau kepada masyarakat Indonesia agar berhati-hati dan waspada jika melakukan perjalanan ke kota terbesar ke-4 di Korea itu.

"Tingkatkan kehati-hatian bagi WNI yang akan berpergian ke daerah tersebut," ujar Faizasyah saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (22/2/2020).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Belum ada informasi WNI

Selain itu, Faizasyah juga mengungkapkan bahwa di wilayah Daegu belum ada informasi keberadaan WNI yang tinggal di kota tersebut.

"Belum ada informasi WNI kita di sana," lanjut dia.

Sementara itu, imbauan terkait mewabahnya virus corona di Korea Selatan juga diungkapkan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul melalui akun Instagramnya, @kbri_seoul pada Sabtu (22/2/2020).

"Jangan lupa selalu terapkan pola hidup bersih, mengikuti perkembangan berita tentang COVID-19 di wilayah sekitar juga mengikuti arahan pemerintah setempat," ujar pihak KBRI dalam unggahannya.

Baca juga: Mengenal Kota Daegu, Tempat Sebagian Besar Kasus Corona di Korea Selatan

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X