Saat China Buka Konsultasi Online untuk Redakan Kecemasan Pasien Virus Corona...

Kompas.com - 20/02/2020, 21:24 WIB
Seorang dokter berbicara dengan seorang pasien selama sesi konsultasi online di sebuah rumah sakit di Shenyang di provinsi Liaoning timur laut Cina saat wabah virus corona. AFP via Getty ImagesSeorang dokter berbicara dengan seorang pasien selama sesi konsultasi online di sebuah rumah sakit di Shenyang di provinsi Liaoning timur laut Cina saat wabah virus corona.

KOMPAS.com - Angka kematian akibat penyebaran virus corona di China terus mengalami peningkatan.

Guna meredakan ketegangan, China menyediakan konsultasi online terkait dengan virus corona jenis baru yang kini dikenal dengan nama Covid-19 tersebut.

JD Health dan China Resources Medical (CRM) merupakan dua platform penyedia perawatan kesehatan di China yang membuka jasa konsultasi online gratis.

Dilansir dari South China Morning Post (SCMP), jasa konsultasi online JD Heatlh melayani puluhan ribu pasien per jam.

Saat kasus virus corona mengalami peningkatan dratis pada 26 Januari lalu, JD Health membuat layanan gratis bagi mereka yang menderita gejala virus corona, seperti batuk, demam, kelelahan, dan diare.

Ketika wabah memburuk, cakupan layanan gratis ini diperluas agar dapat mencakup semua ilmu medis, termasuk psikologi, kardiologi, endokrinologi, dan pediatri.

Baca juga: Kisah Zhang Ru, Dokter di China yang Tertidur Bersandar Dinding akibat Kelelahan Tangani Virus Corona

Salah satu dokter yang melayani platform ini, dr. Liu Yafeng mengungkapkan, ia menyadiakan konsultasi online hingga 200 pasien dari seluruh China setiap harinya.

Sejak dimulainya wabah virus corona bulan lalu, sejumlah dokter spesialis penyakit dalam (terutama saluran pernapasan) telah memberikan nasihat kepada pasien yang terinfeksi virus corona.

Liu mengungkapkan, seperlima dari kasus yang ditanganinya berasal dari Provinsi Hubei, tempat virus berasal, dan sebagian besar kasus didorong oleh rasa takut yang tidak beralasan.

"Mereka yang memiliki masalah nyata jarang terjadi. Untuk sebagian besar, saya akan membahas semua gejala virus corona yang tercantum dalam lima halaman pedoman yang dikeluarkan pemerintah," kata Liu.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X