Ini Pentingnya Periksa Kesehatan ke Dokter, Bukan "Self Diagnose"

Kompas.com - 20/02/2020, 17:26 WIB
Ilustrasi sakit shutterstockIlustrasi sakit

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang yang memiliki masalah pada kesehatan tubuh, seperti munculnya ruam di wajah atau leher atau kedua mata Anda berwarna merah merupakan hal yang perlu segera dituntaskan.

Sebab, dengan kondisi tubuh yang tidak fit akan menghambat kita melakukan segala sesuatu dengan baik.

Namun, beberapa orang mengobati masalah kesehatan dengan memilih mencarinya sendiri di internet dan saling mencocokan dengan gajala yang dialami tanpa perlu konsultasi ke dokter ( self diagnose).

Dokter ahli gizi DR. dr. Tan Shot Yen mengungkapkan, self diagnose merupakan suatu tindakan yang salah kaprah.

"Mendiagnosis diri sendiri dengan bantuan Google dan YouTube, membuat publik kacau dan berisiko. Apalagi ke lab tanpa disertai pengantar dokter, lalu kalau keluar hasilnya nanti beli obat sendiri ke apotek, itu salah kaprah," ujar Tan saat dihubungi Kompas.com, Kamis (20/2/2020).

Menurutnya, jika tindakan tersebut terlanjur sering dilakukan atau dijadikan kebiasaan maka akan muncul masalah baru.

Baca juga: Sering Susah Tidur, Ini 5 Tips Tidur Berkualitas

Lantas, apa bedanya dokter mendiagnosis dengan awam mendiagnosis sendiri?

Tan menjelaskan, dokter memiliki lima skill atau kemampuan yang mustahil diperingkas pasien dengan membaca Google atau menonton YouTube saja.

1. Dokter mengerjakan investigasi bernama anamnesa

Pada tahap awal ini, dokter akan mengurutkan kejadian penyakit yang sekarang, masa lalu, histori penyakit keluarga, episode kekambuhan, lingkungan tempat tinggal, dan kebiasaan sehari-hari mulai dari kebiasaan pola makan, kebersihan, dan sederet pertanyaan spesifik kepada pasien.

Kemudian, jika pasien memiliki masalah reproduksi, maka semua yang berhubungan dengan urusan organ dan aktivitas reproduksi yang menjadi telaah utama.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X