Mendikbud Nadiem Luncurkan Kampus Merdeka, Ini Tanggapan Rektor IPB

Kompas.com - 26/01/2020, 11:02 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim meluncurkan kebijakan Kampus Merdeka. Peluncuran disampaikan Mendikbud Nadiem dalam rapat koordinasi kebijakan pendidikan tinggi di Gedung D kantor Kemendikbud, Jakarta, Jumat (24/1/2020). DOK. KEMENDIKBUDMendikbud Nadiem Makarim meluncurkan kebijakan Kampus Merdeka. Peluncuran disampaikan Mendikbud Nadiem dalam rapat koordinasi kebijakan pendidikan tinggi di Gedung D kantor Kemendikbud, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makariem mengeluarkan empat kebijakan Merdeka Belajar di lingkup pendidikan tinggi bernama Kampus Merdeka.

Adapun empat kebijakan tentang Kampus Merdeka ini sudah tertuang dalam bentuk Peraturan Menteri.

Nadiem mengungkapkan pelaksanaan kebijakan Kampus Merdeka bisa segera dilaksanakan.

Selain itu, tujuan dari kebijakan Kampus Merdeka adalah untuk mempercepat inovasi di bidang pendidikan tinggi.

Adapun kebijakan Kampus Merdeka ini adalah hasil dari diskusi dari berbagai elemen pendidikan seperti perguruan tinggi, industri, asosiasi, dan lingkup pendidikan lain.

Baca juga: Netflix, Diburu Sri Mulyani, Dirangkul Nadiem Makarim

Sambut positif

Merespons hal tersebut, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Arif Satria menyambut positif kebijakan Kampus Merdeka ini.

Hal ini lantaran kebijakan kuliah di luar prodi dan luar kampus secara sukarela dinilai akan membuat mahasiswa lebih fleksibel dalam menuntut ilmu.

"Kebijakan ini selaras dengan rencana kurikulum baru IPB 2020 (K2020) yang akan berlaku Agustus 2020," kata Arif seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (26/1/2020).

Ia juga menegaskan bahwa kampus yang ia pimpin telah mempersiapkan smart system untuk mendukung kebijakan akademik baru tersebut.

Selain itu, imbuhnya, kebijakan ini membuka ruang lebih besar kepada mahasiswa untuk bersentuhan dengan realitas.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X