Pesawat Ukraina yang Jatuh di Iran Disebut Produksi 2016

Kompas.com - 08/01/2020, 20:21 WIB
Pesawat Ukraina jatuh di Iran Iranian Students News Agency (ISNA)Pesawat Ukraina jatuh di Iran

KOMPAS.com - Pesawat Boeing milik Ukraine International Airlines jatuh tak lama setelah lepas landas dari Bandara International Imam Khomeini, Teheran, Iran, Rabu (8/1/2020).

Dikutip dari AFP, pesawat tersebut dibuat pada 2016 dan telah dilakukan pemeriksaan dua hari sebelum kejadian.

"Pesawat itu diproduksi 2016, diterima langsung oleh maskapai dari pabrik (Boeing). Pesawat ini menjalani pemeliharaan teknis 6 Januari 2020," demikian pernyataan dari Ukraina International Airlines (UIA).

Menurut pihak maskapai, pesawat dalam kondisi berfungsi penuh. Serta pilot yang menerbangkan pesawat itu berpengalaman dan sudah dilatih dalam keadaan darurat.

"Itu salah satu pesawat terbaik dengan awak yang hebat," ujar Presiden UIA Yevgeniy Dykhne di Kiev.

Terkait kejadian tersebut, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memerintahkan penyelidikan menyeluruh terkait kecelakaan pesawat UIA. Serta melakukan pemeriksaan semua pesawat sipil di negara tersebut.

Baca juga: Buntut Penyerangan Iran, FAA Keluarkan Larangan Terbang

Mesin pesawat terbakar

Sebelumnya, Televisi Iran menyebut, kecelakaan itu karena masalah teknis. Salah satu mesin dari pesawat tersebut mengalami kebakaran.

Juru Bicara Kementerian Transportasi dan Jalan Iran Qassem Biniaz mengatakan, setelah kebakaran itu pilot kemudian hilang kendali.

Dikutip dari Reuters, 167 penumpang dan 9 awak berada di pesawat tersebut. Sementara 32 orang di antara penumpang tersebut adalah orang asing.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan, tidak ada yang selamat dalam insiden tersebut.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X