Donald Trump Terkena "Impeachment", Apa Itu?

Kompas.com - 20/12/2019, 15:36 WIB

KOMPAS.com - Berita mengenai proses Impeachment atau pemakzulan kepada Presiden ke-45 Amerika Serikat, Donald Trump mencuri perhatian masyarakat global termasuk Indonesia.

Namun, banyak juga dari masyarakat kita yang belum memahami makna impeachment atau pemakzulan secara pasti. 

Misalnya akun @faeyza_pradipta yang memberikan komentar di salah satu unggahan Instagram @kompascom terkait pemakzulan Trump.

"Belum paham dgn kata makzulkan...? Minta pencerahan dong..," tulisnya.

Komentar sejenis juga dituliskan oleh akun @alusi_gyani.

"Dimakzulkan itu apa ya..? Saya belum paham," tanyanya.

Banyak yang mengartikan dimakzulkan atau terkena impeachment sama dengan dilengserkan. Namun, bagaimana definisi sesungguhnya dari pemakzulan ini?

Mengutip penjelasan dari Congressional Research Service berjudul "Impeachment and Removal", impeachment adalah sebuah proses pemakzulan.

Baca juga: Pemuda Sleman Retas Perusahaan Amerika dengan Ransomware, Apa Itu?

Tindakan Pemakzulan

Disebut sebagai sebuah proses, karena didalamnya terdapat mekanisme tertentu untuk melengserkan seseorang dari jabatannya.

Mengacu pada ketentuan konstitusi, mereka yang dapat dilengserkan adalah Presiden, Wakil Presiden, maupun pejabat sipil lainnya di Amerika Serikat yang terbukti terlibat dalam pengkhianatan negara, penyuapan, maupun jenis kejahatan tinggi atau pelanggaran ringan lainnya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.