[HOAKS] Surat Penetapan NIP CPNS yang Mengatasnamakan BKN

Kompas.com - 11/12/2019, 08:38 WIB
Sebuah foto yang memperlihatkan hoax surat pengumuman penetapan nomor induk pegawai. Twitter/@bkngoidSebuah foto yang memperlihatkan hoax surat pengumuman penetapan nomor induk pegawai.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta

KOMPAS.com - Akun Twitter resmi BKN @bkngoid mengunggah sebuah surat tentang pengumuman penetapan nomor induk pegawai pada Selasa (10/12/2019).

Namun, surat tersebut langsung dibantah keasliannya oleh BKN sendiri dengan menuliskan kalimat "BUKAN PRODUK BKN".

Pasalnya, surat pengumuman penetapan nomor induk tersebut mengatasnamakan BKN.

Surat tentang pengumuman penetapan nomor induk pegawai tersebut tidak benar alias hoaks.

Narasi yang beredar

Surat pengumuman penetapan nomor induk pegawai tersebut diketahui setelah diunggah sendiri oleh BKN melalui akun Twitter resmi mereka.

Dalam unggahannya, BKN menuliskan "#SobatBKN. Di pagi yg indah ini, mimin dpt kabar menghebohkan. Masih ada yg mengira surat seperti ini asli. Sedih. Mimin pesan, Percaya lah dengan kemampuan kalian, bukan yg mengaku orang dalam, bisa bantu dan lain2 #TheNewEpicBattle #BKNSemangatUntukNegeri #ReformasiBirokrasiBKN".

Tersebarnya narasi tersebut, membuat warganet lain memberi tanggapan yang beragam.

Hingga Rabu (11/12/2019) pukul 10.00 WIB, postingan tersebut telah disukai sebanyak 326 kali, 77 kali di-retweet, dan dikomentari sebanyak 57 kali.

 Baca juga: [HOAKS] Minum Air Es Saat Cuaca Panas Bikin Pecah Pembuluh Darah

Konfirmasi Kompas.com:

Mengonfirmasi kebenaran informasi tersebut, Kompas.com menghubungi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas BKN Paryono. Ia mengatakan, surat tersebut memang tidak benar alias hoax.

"Ini kan penipuan mengatasnamakan BKN," kata Paryono saat dihubungi Kompas.com, Selasa (10/12/2019).

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X