4 Fakta soal Rencana Jokowi Terkait Penyederhanaan Birokrasi

Kompas.com - 29/11/2019, 20:37 WIB
Presiden Joko Widodo di acara KOMPAS100 CEO Forum di Jakarta, Kamis (28/11/2019). KOMPAS.COM/MUTIA FAUZIAPresiden Joko Widodo di acara KOMPAS100 CEO Forum di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

KOMPAS.com - Rencana penyederhanaan birokrasi yang disampaikan Presiden Jokowi sewaktu Pelantikan Presiden 2019-2024 mulai terlihat.

Dalam pidatonya di depan Sidang Paripurna MPR RI, Minggu (20/10/2019) silam, Jokowi sempat mengatakan akan menyederhanakan eselonisasi menjadi 2 level, dan diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian, dan menghargai kompetensi.

Selain itu, menurut Jokowi, penyederhanaan birokrasi harus terus dilakukan secara besar-besaran guna menciptakan lapangan kerja.

Bahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani telah mengalihkan 112 pejabat eselon III dan IV di jajaran kementeriannya menjadi jabatan fungsional.

Berikut 4 fakta terkait pemangkasan birokrasi yang direncanakan oleh Presiden Jokowi:

1. Eselon III dan IV dipangkas

Dari eselon I, eselon II, eselon III, dan eselon IV, Jokowi merencanakan akan memangkas birokrasi dengan memotong jabatan eselon III dan IV di Kementerian/Lembaga.

Nantinya eselon tersebut dialihkan menjadi jabatan fungsional.

Adapun penyusutan birokrasi ditujukan untuk mewujudkan birokrasi yang dinamis, lincah, dan profesional sebagai upaya peningkatan efektivitas dan efisiensi guna mendukung kinerja.

2. Digantikan Artificial Intelligence (AI)

Sementara itu, meski bakal dilakukan pemangkasan jabatan eselon, Jokowi menyampaikan bahwa nantinya tugas-tugas administratif oleh eselon III dan IV digantikan dengan artificial intelligence atau kecerdasan buatan.

"Saya sudah perintahkan kepada MenPAN (RB) untuk mengganti dengan AI. Kalau diganti dengan AI, birokrasi kita akan lebih cepat," ujar Jokowi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X