Hari Ini dalam Sejarah, PBB Mengutuk Apartheid di Afrika Selatan

Kompas.com - 06/11/2019, 07:05 WIB
Nelson Mandela dan presiden apartheid terakhir FW de Klerk saat menerima hadian Nobel Perdamaian di Oslo, Norwegia pada 10 Desember 1993. AFPNelson Mandela dan presiden apartheid terakhir FW de Klerk saat menerima hadian Nobel Perdamaian di Oslo, Norwegia pada 10 Desember 1993.

KOMPAS.com - Hari ini 57 tahun yang lalu, Majelis Umum PBB mengadopsi resolusi yang mengutuk kebijakan rasis apartheid di Afrika Selatan pada 6 November 1962.

Dikutip dari History, PBB menyerukan semua anggotanya untuk mengakhiri hubungan ekonomi dan militer dengan negara tersebut.

Apartheid yang berasal dari kata "apartness" merupakan pemisahan ras dan diskriminasi politik dan ekonomi yang disetujui pemerintah terhadap mayoritas kulit hitam Afrika Selatan.

Pemisahan ras tersebut dimulai pada tahun 1948 saat Partai Nasional berkuasa.

Setelah berkuasa, mereka melembagakan kebijakan supremasi kulit putih yang memberdayakan orang kulit putih Afrika Selatan keturunan Belanda dan Inggris.

Tak hanya itu, mereka juga menghilangkan hak memilih bagi orang kulit hitam Afrika.

Di antara bentuk ketidakadilan yang terjadi adalah orang kulit hitam dipaksa untuk tinggal di daerah terpisah dan tidak bisa memasuki lingkungan orang kulit putih, kecuali memiliki izin khusus.

Meski hanya minoritas, orang kulit putih di Afrika Selatan menguasai sebagian besar tanah dan kekayaan negara.

Setelah pembantaian terhadap demonstran di Sharpeville, Afike Selatan pada tahun 1960 yang menyebabkan 69 orang kulit hitam meninggal dan 180 lainnya terluka, gerakan internasional untuk mengakhiri apartheid mendapat dukungan luas.

Oposisi terhadap apartheid di AS pun semakin menguat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Sumber History
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X