Hari Ini dalam Sejarah: Film Godzilla Dirilis Pertama Kali

Kompas.com - 03/11/2019, 18:52 WIB
Godzilla Warner Bros. PictureGodzilla

KOMPAS.com - Hari ini 65 tahun yang lalu, tepatnya 3 November 1954, Toho Studios Jepang merilis sebuah film bergenre science-fiction, Godzilla atau Gojira dalam Bahasa Jepang. Film ini disutradai oleh Ishiro Honda.

Atas kesuksesan yang diperoleh setelah rilis tersebut, film ini kemudian dibawa ke Amerika Serikat dan disunting kembali tahun 1956 dengan versi dubbing berbahasa Inggris.

Godzilla atau Gojira berasal dari kombinasi dua kata dalam bahasa Jepang, yaitu gorira yang berarti gorila dan kujira yang berarti paus.

Godzilla sebagai karakter utama adalah sebuah kadal raksasa menyerupai monster yang diciptakan dari efek radiasi nuklir.

Melansir dari laman History, inspirasi Toho Studios dalam menciptakan karakter ini berasal dari beberapa film, di antaranya film "King Kong" yang dirilis tahun 1933 dan dirilis kembali tahun 1952 serta film "The Beast from 20.000 Fathoms" yang dirilis tahun 1953.

Selain itu, film ini juga terinspirasi dari kejadian nyata yang terjadi di dunia saat itu. Sebuah peristiwa yang menciptakan ketakutan bagi warga Jepang sendiri

Peristiwa tersebut terjadi kurang dari satu dekade sebelumnya, saat sekutu menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki yang menewaskan 120.000 orang sekaligus. 

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Tragedi Bom Bali I Renggut 202 Nyawa

Selain kejadian tersebut, pada tahun 1954, Jepang kembali dilanda kecemasan akan nuklir saat Amerika Serikat melakukan uji nuklir di Pulau Marshall yang mengingatkan kembali akan tragedi Hiroshima Nagasaki.

Saat itu, Amerika Serikat menguji 15 megaton bom hidrogen, yang mana kekuatannya 750 kali lipat dari bom yang menghancurkan Hiroshima dan Nagasaki, di Atol Bikini, Pulau Marshall.

Debu-debu radioaktif dan puing-puingnya pun mengapung sejauh 7.000 mil persegi di Samudera Pasifik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X