Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Film Godzilla Dirilis Pertama Kali

Kompas.com - 03/11/2019, 18:52 WIB
Vina Fadhrotul Mukaromah,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari ini 65 tahun yang lalu, tepatnya 3 November 1954, Toho Studios Jepang merilis sebuah film bergenre science-fiction, Godzilla atau Gojira dalam Bahasa Jepang. Film ini disutradai oleh Ishiro Honda.

Atas kesuksesan yang diperoleh setelah rilis tersebut, film ini kemudian dibawa ke Amerika Serikat dan disunting kembali tahun 1956 dengan versi dubbing berbahasa Inggris.

Godzilla atau Gojira berasal dari kombinasi dua kata dalam bahasa Jepang, yaitu gorira yang berarti gorila dan kujira yang berarti paus.

Godzilla sebagai karakter utama adalah sebuah kadal raksasa menyerupai monster yang diciptakan dari efek radiasi nuklir.

Melansir dari laman History, inspirasi Toho Studios dalam menciptakan karakter ini berasal dari beberapa film, di antaranya film "King Kong" yang dirilis tahun 1933 dan dirilis kembali tahun 1952 serta film "The Beast from 20.000 Fathoms" yang dirilis tahun 1953.

Selain itu, film ini juga terinspirasi dari kejadian nyata yang terjadi di dunia saat itu. Sebuah peristiwa yang menciptakan ketakutan bagi warga Jepang sendiri

Peristiwa tersebut terjadi kurang dari satu dekade sebelumnya, saat sekutu menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki yang menewaskan 120.000 orang sekaligus. 

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Tragedi Bom Bali I Renggut 202 Nyawa

Selain kejadian tersebut, pada tahun 1954, Jepang kembali dilanda kecemasan akan nuklir saat Amerika Serikat melakukan uji nuklir di Pulau Marshall yang mengingatkan kembali akan tragedi Hiroshima Nagasaki.

Saat itu, Amerika Serikat menguji 15 megaton bom hidrogen, yang mana kekuatannya 750 kali lipat dari bom yang menghancurkan Hiroshima dan Nagasaki, di Atol Bikini, Pulau Marshall.

Debu-debu radioaktif dan puing-puingnya pun mengapung sejauh 7.000 mil persegi di Samudera Pasifik.

Salah satu kapal pukat ikan milik Jepang, Daigo Fukuryu Maru (Lucky Dragon No. 5) pun turut terperangkap dalam kejadian tersebut. Akibatnya, 23 orang awak kapal menderita luka bakar pada kulit dan gejala paparan radiasi lainnya. Mereka pun kemudian dikarantina saat sampai di pelabuhan.

Enam bulan kemudian, salah seorang awak kapal mengalami komplikasi hati dan meninggal di usia 40 tahun.

Dalam konteks terjadinya tragedi-tragedi tersebut, dampak dan suasana yang dirasakan menjadi inspirasi dari terciptanya film Godzilla.

Ikon Seluruh Dunia

Hingga kini, Godzilla menjadi sebuah ikon di seluruh dunia.

Godzilla menjadi manifestasi dari kecemasan akan radiasi nuklir, mengingatkan kembali akan kejadian Hiroshima Nagasaki yang menjadi trauma tersendiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com