Mengenang Alexei Leonov, Manusia Pertama yang Berjalan di Luar Angkasa

Kompas.com - 12/10/2019, 18:00 WIB
Ilustrasi Alexei Leonov ketika di angkasa The GuardianIlustrasi Alexei Leonov ketika di angkasa

KOMPAS.com - Pada Maret 1965, di usia 30 tahun, kosmonot Uni Soviet, Alexei Leonov mengukir sejarah dengan melakukan perjalanan pertama di luar angkasa.

Saat itu, Leonov menghabiskan 12 menit di luar pesawat luar angkasa selama misi Voskhod 2 Uni Soviet bersama kawannya Pavel Belayev.

Namun perjalanan kosmonot ini harus berakhir saat Leonov meninggal pada Jumat, 11 Oktober 2019. Dia berpulang karena menderita sakit dalam jangka waktu lama.

"Agak tepat bahwa Leonov meninggalkan kami pada hari perjalanan di luar angkasa," ujar Luca Parmitano dari Badan Antariksa Eropa (ESA).

Luca mengungkapkan, perjalanan selama 12 menit di luar wahana antariksa Voskhod 2 lebih dari setengah abad yang lalu memulai perjalanan luar angkasa manusia.

Dilansir dari laman Space.com, selain itu, Leonov juga memerintahkan kerja sama antara pesawat ruang angkasa Soyuz pada misi Proyek Uji Apollo-Soyuz.

Baca juga: Kosmonot Pertama Rusia Meninggal Di Usia 85 Tahun

Misi merupakan kerja sama bersejarah antara Amerika Serikat (AS) dan Uni Soviet pertama. Hal ini juga menandai kerja sama internasional pertama di luar angkasa.

"Sebagai manusia pertama yang berjalan di luar angkasa pada 18 Maret 1965 dan menjadi komandan Soyuz 10 tahun kemudian, ia melahirkan kerja sama antariksa manusia yang berkembang pesat hari ini,," ujar astronot NASA, Jessica Meir.

Meir menambahkan, Leonov merupakan salah satu perintis dalam wahana luar angkasa manusia.

Perjalanan Leonov di luar angkasa

Alexei Leonov lahir di Listvyanka di Altai, Siberia pada 30 Mei 1934. Ia lulus dari Soviet Air Force Academy of Arts di Riga lalu kemudian mengukuti pendidikan persiapan pilot di Kremenchug.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Sumber SPACE.COM
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X