Kompas.com - 29/09/2019, 15:33 WIB
Ilustrasi pusing karena panas Shutterstock.comIlustrasi pusing karena panas


KOMPAS.com – Beberapa hari belakangan, cuaca di sejumlah wilayah Indonesia terasa terik dan panas. Tak jarang, hal ini membuat orang malas beraktivitas di luar ruangan.

Apalagi, saat melakukan aktivitas di bawah terik matahari yang begitu menyengat beberapa orang merasa pening atau pusing di are kepala.

Pusing yang timbul akibat panas misalnya di bagian pelipis kanan dan kiri, atau di bagian kepala belakang.

Ternyata dalam dunia medis hal ini dibenarkan bisa terjadi, temperatur yang tinggi atau cuaca yang panas dapat menyebabkan tubuh kita bereaksi, salah satunya pusing.

Terdapat beberapa hal yang bisa memicu potensi pusing saat kita berada di bawah terik matahari, misalnya dehidrasi atau kekurangan cairan, polusi udara, dan kelelahan.

Baca juga: Beraktivitas Luar Ruangan Saat Cuaca Panas? Ini Cara untuk Tetap Bugar

Lalu bagaimana sebenarnya paparan panas yang diterima tubuh bisa membuat kita merasakan sakit kepala, baik sebagian atau migrain maupun menyeluruh?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sakit kepala yang muncul bukan karena disebabkan oleh panas yang terjadi, namun lebih disebabkan oleh cara tubuh Anda merespons panas itu.

Penyebab lain yang membuat kita merasakan pusing saat cuaca panas adalah karena tubuh mengalami dehidrasi.

Saat tubuh terpapar temperatur tinggi, dia membutuhkan air yang lebih banyak untuk menjaga cadangan air dalam tubuh setelah banyak terbuang dalam bentuk keringat.

Cuaca panas ini juga dapat menyebabkan perubahan tingkat serotonin dalam tubuh. Fluktuasi hormon ini biasanya menyebabkan migrain juga sakit kepala menyeluruh.

Halaman:

Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.