Trending di Twitter, Berikut Cara Mengobati Trypophobia?

Kompas.com - 12/09/2019, 06:30 WIB
Lubang biji teratai kering untuk uji cgambar medis Trypophobia. coffeekaiLubang biji teratai kering untuk uji cgambar medis Trypophobia.

KOMPAS.com – Salah satu ponsel terbaru keluaran brand ternama asal Amerika Serikat disebut-sebut tidak cocok bagi seseorang yang memiliki ketakutan terhadap bentuk lubang atau trypophobia.

Pasalnya, ponsel tersebut memiliki 3 bulatan yang merupakan lensa kamera di bagian belakangnya, dan itu membuat siapapun yang mengidap phobia ini merasa tidak nyaman.

Efek yang dapat ditimbulkan pada penderita bisa berupa geli, takut, jijik, mual, gatal, dan sebagainya.

Lalu, bagaimana cara menyembuhkan atau setidaknya mengurangi phobia akan lubang-lubang ini?

Sesungguhnya orang-orang yang memiliki phobia tidak membutuhkan penyembuhan atau pengobatan tertentu. Cukup dengan tidak menemui apa yang mereka takuti, maka tidak ada masalah yang akan terjadi.

Namun jika ingin sembuh dari phobia yang dialami bisa mencoba melakukan terapi Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dan Exposure Therapy.

CBT adalah menentukan tujuan, misalnya dalam hal ini tujuannya adalah tidak lagi takut terhadap suatu hal atau benda yang ditakuti dan mencoba untuk mencapainya.

Sementara itu, Exposure Theraphy adalah pengobatan dengan teknik membiasakan diri menghadapi hal atau benda yang ditakuti, hingga akhirnya lupa dengan rasa takut yang sebelumnya dimiliki.

Baca juga: Trending di Twitter, Apa Itu Trypophobia?

Misalnya dengan pelan-pelan menggambarkannya dalam selembar kertas, memandangnya dari jauh, mendekatinya, hingga menyentuhnya.

Namun, ada juga cara lain yang bisa dilakukan oleh para penderita trypophobia untuk mendapatkan kesembuhan. Beberapa cara yang bisa dicoba adalah sebagai berikut sebagaimana dikutip dari Disorder Tips.

Obat medis

Penderita phobia terhadap lubang-lubang ini bisa disembuhkan dengan cara mengonsumsi obat dari dokter.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X