Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Trending di Twitter, Berikut Cara Mengobati Trypophobia?

KOMPAS.com – Salah satu ponsel terbaru keluaran brand ternama asal Amerika Serikat disebut-sebut tidak cocok bagi seseorang yang memiliki ketakutan terhadap bentuk lubang atau trypophobia.

Pasalnya, ponsel tersebut memiliki 3 bulatan yang merupakan lensa kamera di bagian belakangnya, dan itu membuat siapapun yang mengidap phobia ini merasa tidak nyaman.

Efek yang dapat ditimbulkan pada penderita bisa berupa geli, takut, jijik, mual, gatal, dan sebagainya.

Lalu, bagaimana cara menyembuhkan atau setidaknya mengurangi phobia akan lubang-lubang ini?

Sesungguhnya orang-orang yang memiliki phobia tidak membutuhkan penyembuhan atau pengobatan tertentu. Cukup dengan tidak menemui apa yang mereka takuti, maka tidak ada masalah yang akan terjadi.

Namun jika ingin sembuh dari phobia yang dialami bisa mencoba melakukan terapi Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dan Exposure Therapy.

CBT adalah menentukan tujuan, misalnya dalam hal ini tujuannya adalah tidak lagi takut terhadap suatu hal atau benda yang ditakuti dan mencoba untuk mencapainya.

Sementara itu, Exposure Theraphy adalah pengobatan dengan teknik membiasakan diri menghadapi hal atau benda yang ditakuti, hingga akhirnya lupa dengan rasa takut yang sebelumnya dimiliki.

Misalnya dengan pelan-pelan menggambarkannya dalam selembar kertas, memandangnya dari jauh, mendekatinya, hingga menyentuhnya.

Namun, ada juga cara lain yang bisa dilakukan oleh para penderita trypophobia untuk mendapatkan kesembuhan. Beberapa cara yang bisa dicoba adalah sebagai berikut sebagaimana dikutip dari Disorder Tips.

Obat medis

Penderita phobia terhadap lubang-lubang ini bisa disembuhkan dengan cara mengonsumsi obat dari dokter.

Obat-obatan ini berupa antidepresan yang dapat mengurangi kecemasan sekaligus menenangkan jika efek phobia yang dihasilkan sudah cukup parah.

Namun, konsumsi obat medis hanya dianjurkan untuk penderiota trypophobia yang sudah cukup akut, bagi penderita yang tidak terlalu parah maka tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat-obatan.

Ada cara yang lebih baik untuk dilakukan, yakni berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan solusi terbaik.

Cara yang kedua adalah mengobati ketakutan dengan mengandalkan diri sendiri. Bisa dengan memberikan sugesti positif, atau melakukan cara-cara yang dirasa tepat dan efektif untuk menghilangkan perasaan takut yang diderita.

Jika seseorang memiliki kemampuan ini, maka itu sangat baik, karena dia bisa membantu dirinya sendiri.

Melakukan meditasi

Cara ketiga adalah dengan melakukan meditasi dengan tujuan untuk menenangkan diri. Ketenangan yang datang secara perlahan dapat menggeser rasa cemas atau panik yang menyerang seseorang saat bertemu dengan hal yang ditakutinya.

Bisa dengan memainkan musik yang menenangkan, menyalakan lampu redup, meminum teh hangat, dan sebagainya.

Sembari memejamkan mata, Anda juga bisa memikirkan hal-hal yang indah, suara, tempat, pemandangan, situasi, dan lain-lain.

Terapi kelompok

Cara terbaik untuk mengobati phobia atau rasa takut termasuk trypophobia adalah dengan mengikuti kelompok terapi di mana penderita dapat sekaligus bertemu dengan psikiater.

Dengan begitu, penderita tidak akan merasa sendiri dan merasa memiliki orang dengan masalah yang sama. Mereka pun bisa saling bertukar pikiran, sehingga mungkin saja akan ditemukan cara baru yang lebih efektif untuk menyembuhkan rasa takut yang ada.

https://www.kompas.com/tren/read/2019/09/12/063000465/trending-di-twitter-berikut-cara-mengobati-trypophobia-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke