Apakah Seekor Anjing Bisa Menangis karena Emosi?

Kompas.com - 06/09/2019, 19:30 WIB
Presenter Bima Aryo dan anjing jenis belgian malinoisnya. Tangkapan layar akun instagram @bimaaryo. Presenter Bima Aryo dan anjing jenis belgian malinoisnya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai menggigit seorang Asisten Rumah Tangga (ART) hingga tewas, anjing milik presenter televisi Bima Aryo kini harus dievakuasi untuk diobeservasi, Selasa (3/9/2019).

Saat proses evakuasi, kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Timur Irma Budiany mengatakan anjing ras Malinois Belgian itu menangis.

Diberitakan Kompas.com, Kamis (5/9/2019), anjing tersebut dalam kondisi lemas seperti tidak bersemangat layaknya anjing galak saat berpisah dengan pemiliknya. Padahal, anjing berjenis Milanois Belgian memiliki karakter pemburu.

"Iya nangis merah matanya terus yang kayak lemas enggak ada semangat," kata Irma di Mapolsek Cipayung, Kamis (5/9/2019).

Pada dasarnya, hampir semua hewan memiliki saluran air mata yang membuat mereka bisa menangis. Namun, apakah seekor anjing benar-benar menangis karena alasan emosional?

Sulit dipastikan apakah seekor anjing mengeluarkan air mata karena alasan emosional sebagai tanda stres, sedih atau rasa sakit yang mendalam.

Saluran air mata anjing tidak memiliki fungsi yang sama seperti manusia. Jadi, anjing tidak mengeskpresikan emosinya dengan tangisan. Saat seekor anjing terlihat menangis, hal tersebut bisa disebabkan karena lima hal berikut ini:

1. Alergi

Sama seperti manusia, alergi dapat menyebabkan mata anjing berair. Anjing bisa alergi terhadap beberapa hal, termasuk serbuk sari, debu, bulu, asap, atau bahan makanan.

2. Saluran air mata tersumbat

Jika saluran air mata anjing tersumbat, maka air mata mungkin mulai mengalir dari mata anjing. Kasus ini disebut epifora. Anjing yang menderita epidora biasanya area di sekitar matanya akan lembab.

Jika sudah berlangsung beberapa lama, anjing mungkin mengalami iritasi kulit atau memiliki bulu berwarna coklat atau kemerahan di sekitar mata mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X