Bantah Menteri ATR, Ini 3 Kebijakan Menteri Lain yang Pernah Dianulir Jokowi

Kompas.com - 23/08/2019, 08:37 WIB
Presiden Joko Widodo meminta agar masyarakat Papua memaafkan pihak-pihak yang telah membuat mereka tersinggung. dok BBC IndonesiaPresiden Joko Widodo meminta agar masyarakat Papua memaafkan pihak-pihak yang telah membuat mereka tersinggung.


KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo membantah pernyataan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR), Sofyan Djalil yang menyebut Ibu Kota akan pindah ke Kalimantan Timur.

Jokowi menegaskan bahwa pemerintah belum menentukan provinsi yang akan menjadi ibu kota baru karena masih ada kajian yang belum komplet.

Ternyata, bantahan Jokowi terhadap pernyataan atau kebijakan para menterinya tersebut bukan kali ini saja terjadi.

Berikut sejumlah pernyataan atau kebijakan para menteri yang dianulir oleh Presiden Jokowi:

1. Keputusan Kenaikan BBM 

Dilansir dari pemberitaan Kompas.com (11/10/2018), Presiden Joko Widodo pernah membatalkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium.

Keputusan yang dibuat Jokowi ini sekaligus mengoreksi pernyataan Ignasius Jonan selaku Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Pada awalnya, Jonan menyebut bahwa premium akan naik pada Rabu (10/10/2018) pukul 18.00 WIB.

Jonan menyampaikan bahwa harga premium naik menjadi sebesar Rp 7.000 per liter untuk di daerah Jawa, Madura dan bali (Jamali) dan Rp 6.900 per liter untuk di luar Jamali.

Namun, tak sampai 1 jam, pernyataan Jonan langsung dikoreksi oleh anak buahnya.

Menurut Agung Pribadi, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi, Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM, harga premium batal untuk naik karena arahan Presiden Jokowi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X