Fakta Kerusuhan Fakfak, Kantor Tutup, Sekolah Libur hingga Bisa Dikendalikan...

Kompas.com - 21/08/2019, 16:02 WIB
Fauzhya (berkacamata) sedang mengajar membaca di salah satu distrik di Fakfak, Papua Barat. KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATIFauzhya (berkacamata) sedang mengajar membaca di salah satu distrik di Fakfak, Papua Barat.

KOMPAS.com – Pergerakan massa di Fakfak, Papua Barat, Rabu (21/8/2019), diduga terkait demonstrasi yang sebelumnya terjadi Manokwari, Sorong, dan Jayapura.

Awalnya, aksi kerusuhan pecah di Manokwari yang kemudian menyebar ke beberapa daerah di Papua.

Seperti diberitakan Kompas.com, Senin (19/8/2019), Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, ada pihak yang sengaja menginginkan terjadi kerusuhan di Papua.

Pada hari ini, terjadi kerusuhan di Fakfak yang akhirnya berhasil dikendalikan.

Baca juga: Polri: Kerusuhan di Fakfak Dipicu Provokasi Sekelompok Orang

Berikut fakta seputar kerusuhan Fakfak:

1. Kerusuhan terjadi di Pasar Tumbruni dan Kantor Lembaga Adat

Aksi pembakaran terjadi di Pasar Tambaruri dan Kantor Lembaga Masyarakat Adat Fakfak, Rabu (21/8/2019) pagi.

Aksi massa terjadi sejak Selasa, (20/8/2019) malam.

Sebelumnya, aksi sempat terhenti setelah beberapa petugas mengamankan pendemo yang membakar ban di tengah jalan.

Massa mulai mendatangi Pasar Tumburuni dan Jalan Baru pada Rabu pagi dan melakukan pembakaran kios serta lapak, serta tugu di jalan baru.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X