Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tempat Terbaik di Dunia yang Harus Dikunjungi pada 2024 Versi Lonely Planet, Ada Indonesia?

Lonely Planet merupakan media penerbitan berusia 50 tahun yang berkaitan dengan perjalanan dan tempat wisata di seluruh dunia.

Pada tahun ini, media tersebut mengumpulkan 50 tempat terbaik dalam daftar "Best in Travel" untuk tahun mendatang.

Daftar ini dibuat berdasarkan peninjauan yang dilakukan para pakar perjalanan untuk menilai tempat wisata di seluruh dunia.

Tempat terbaik untuk dikunjungi pada 2024 ini dikelompokkan menjadi lima kategori, yakni negara, kota, wilayah, tempat yang menerapkan keberkelanjutan, dan tempat yang biaya kunjungannya termurah.

Berikut masing-masing kategori tempat terbaik di dunia untuk harus dikunjungi pada 2024 menurut Lonely Planet:

Negara terbaik

Negara yang direkomendasikan untuk dikujungi pada 2024 sebagai berikut:

Mongolia

Mongolia menawarkan area terbuka luas. Wisatawan akan melihat penampilan musik dan olahraga tradisional, mencicip makanan khas pangsit kukus, dan menunggangi kuda menjelajah pegunungan.

India

India menawarkan wisata religi karena ada banyak kuil di negara tersebut, jalur pendakian pegunungan, makanan kaya rempah-rempah, dan pusat perbelanjaan di pasar tradisional.

St Lucia

Negara di Karibia ini terkenal akan pantai pasir putih dan laut yang biru. Selain itu, wisatawan akan dikenalkan dengan warisan budaya, tradisi, dan kreativitas penduduknya.

Meksiko

Meksiko menarik wisatawan yang mencari petualangan, budaya, sejarah, makanan, dan seni. Wisatawan bisa menjelajahi reruntuhan Suku Maya dan mengunjungi kolam renang di puncak bukit.

Maroko

Maroko mengajak wisatawan menjelajahi Gurun Sahara dengan menunggang unta, berburu barang murah di pasar Marrakesh, dan menjelajahi kota biru Chefchaouen.

Selain negara-negara tersebut, negara lain yang juga direkomendasikan adalah Chile, Benin, Uzbekistan, Pakistan, dan Kroasia.

Montana, AS

Montana menawarkan hutan belantara pedalaman dan pegunungan, serta mengajak wisatawan belajar sejarah budaya warga lokal.

Donegal, Irlandia

Donegal memiliki tebing laut tertinggi di Eropa dan jalur pendakian luas dan alami. Wilayah ini memiliki benteng kuno, musik tradisional, dan kaya akan warisan bahasa.

Trans Dinarica, Balkan Barat

Trans Dinarica memiliki jalur bersepeda sepanjang 3.364 km yang menghubungkan berbagai negara di Balkan Barat. Rutenya melewati pegunungan, danau, situs budaya, dan taman nasional.

Pulau Kanguru, Australia Selatan

Pulau Kanguru memiliki beberapa pantai terbaik di Australia sekaligus tempat tinggal Kanguru liar.

Tuscany, Italia

Toskana atau Tuscany memiliki bangunan-bangunan dari abad pertengahan hingga Renaisans yang terawat baik. Wisatawan juga disambut dengan pegunungan dan masakan khas dari pertanian.

Wilayah lain yang direkomendasikan adalah Pais Vasco Spanyol, Thailand Selatan, Pantai Swahili Tanzania, Saalfelden Leogang Austria, dan Skotlandia Utara.

Nairobi, Kenya

Nairobi menawarkan beragam tempat makan, area seni dan budaya, serta taman nasional yang dihuni satwa liar.

Paris, Perancis

Paris menjadi tuan rumah pada Olimpiade dan Paralimpiade Musim Panas 2024. Selain itu, beragam acara kesenian dan olahraga juga akan berlangsung di kota tersebut.

Montreal, Kanada

Montreal mengadakan festival dan acara seni sepanjang tahun. Wisatawan akan menikmati museum, atraksi, dan tempat makan yang mudah diakes transportasi.

Mostar, Bosnia

Mostar termasuk kota tua dari abad pertengahan yang menawarkan pemandangan indah. Wisatawan akan disambut dengan festival seni, kerajinan, dan musik.

Philadelphia, AS

Philadelphia merupakan kota tempat kelahiran yang akan mengajarkan sejarah dan beragam budaya tradisional dari berbagai negara di dunia.

Selam daftar tersebut, kota-kota lainnya yang direkomendasikan untuk dikunjungi tahun depan adalah Manaus Brasil, Jakarta Indonesia, Praha Republik Ceko, Izmir Turkiye, dan Kansas Missouri.

Berikut daftarnya:

Ekuador

Ekuador memiliki jumlah pengunjung terbatas, hotel bertenaga surya, cagar alam laut, dan bandara pertama berenergi terbarukan.

Wisatawan bisa mendapatkan visa digital nomad sehingga mudah memperpanjang masa tinggal.

Spanyol

Spanyol masuk kategori berkelanjutan karena dilengkapi jalur sepeda, bus listrik, dan rute kereta api yang mengurangi penggunaan pesawat berbahan bakar fosil.

Patagonia

Patagonia yang berada di perbatasan Argentina dan Chile dilengkapi dengan taman nasional, planetarium, dan pusat pengembangbiakan hewan terancam punah.

Greenland

Greenland menjadi pulau terbesar di dunia yang mudah diakses dengan dibukanya dua bandara internasional baru pada 2024.

Wales

Wales menyediakan perjalanan dengan kereta api sehingga mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

Wilayah berkelanjutan lainnya yaitu Caminho Portgues de Santiago Portugal, Palau, Hokkaido Jepang, Jalur Baltik Estonia di Lativia dan Lituania, serta Eco Lodges Afrika Selatan.

Polandia

Polandia termasuk salah satu tujuan paling terjangkau di Eropa yang menawarkan perjalanan sejarah dan budaya.

Midwest, AS

Midwest dipenuhi pusat kesenian, budaya, dan tempat makan dengan biaya yang lebih rendah.

Nikaragua

Nikaraua merupakan tujuan wisata hemat terbaik di Amerika Tengah. Wisatawan dapat berselancar, menjelajahi hutan tropis, dan mengunjungi pedesaan.

Danube Limes

Wilayah yang berada di perbatasan Jerman, Austria, dan Slovakia ini memiliki banyak situs bersejarah yang dapat dijelajahi dengan sepeda secara gratis.

Normandia, Perancis

Normandia memiliki wilayah yang ramah lingkungan dengan dikelilingi padang rumput, lahan pertanian, dan perkebunan di desa.

Wilayah lain yang biayanya terjangkau untuk dikunjungi pada 2024 adalah Mesir, Ikaria Yunani, Aljazair, Danau Selatan dan Otago Tengah Selandia Baru, serta menjelajahi kereta malam di Eropa.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/10/27/130000565/tempat-terbaik-di-dunia-yang-harus-dikunjungi-pada-2024-versi-lonely-planet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke