Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kata Media Asing Usai Indonesia Dikalahkan Argentina 0-2 di FIFA Matchday

KOMPAS.com - Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Argentina usai ditekuk dengan skor 0-2 di laga FIFA Matchday, Senin (19/6/2023).

Dalam laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta itu, anak asuh Shin Tae-yong mampu menyulitkan permainan Argentina yang tidak diperkuat oleh Lionel Messi, Angel Di Maria, dan Nicolas Ottamendi.

Gawang Indonesia lebih dulu koyak pada menit ke-38 setelah Leandro Paredes melepaskan tembakan keras dari luar kotak pinalti yang tidak mampu dibendung Ernando Ari.

Juara Piala Dunia 2022 tersebut kemudian menambah keunggulan pada menit ke-55 lewat sundulan Cristian Romero yang memanfaatkan tendangan sepak pojok.

Berikut kata media asing soal kekalahan Indonesia atas Argentina dengan skor 0-2 di laga FIFA Matchday:

1. Reuters

Reuters memberitakan hasil akhir laga Indonesia vs Argentina dengan judul "Argentina cap Asian tour with 2-0 win over Indonesia".

Reuters mengatakan, La Albiceleste yang tidak diperkuat Messi mampu mendominasi jalannya pertandingan.

Meski begitu, 56.000 suporter yang datang langsung ke GBK terus memberikan semangat bagi Pasukan Garuda ketika pemain melakukan operan, lemparan, maupun serangan ke lini pertahanan Argentina.

Reuters juga menyampaikan, tidak ada kekecewaan di kubu Indonesia meski Messi tidak diboyong oleh pelatih Lionel Scaloni.

"Saya cukup puas dengan penampilan tim saya, termasuk Garnacho. Saya berharap para pemain muda dapat terus berkembang," kata Scaloni.

Media asal Vietnam, Soha Vn tak mau ketinggalan memberitakan laga FIFA Matchday yang mempertemukan Indonesia dengan Argentina.

Soha Vn menyebutkan bahwa juara Piala Dunia 2022 tersebut dengan mudah mengalahkan Indonesia tanpa kehadiran Messi.

"Dengan level yang superior, sang juara dunia dengan mudah menguasai permainan," tulis Soha Vn.

"Statistik menunjukkan pemain Argentina menguasai bola hingga 77 persen dan membuat tuan rumah Indonesia harus bertahan," tambah media tersebut.

Selain itu, Soha Vn juga menyoroti aturan dari panita pelaksana yang dinilai "aneh" untuk mencegah kerusuhan suporter ketika Argentina bertanding di GBK.

Soha Vn menuliskan, suporter diminta tidak mengenakan jersey putih biru yang identik dengan Argentina ketika berangkat ke stadion.

"PSSI tetap ngotot melarang suporter bersorak untuk tim Messi. Aturan ini mungkin terlihat sangat ketat, namun sebenarnya ini adalah cara yang efektif untuk mencegah kerusuhan di tribun," ujar Soha Vn.

AFP menyinggung ketidakhadiran Messi dalam kemenangan Argentina atas Indonesia dengan skor 0-2 tersebut.

Mereka menuliskan bahwa absennya La Pulga dalam pertandingan melawan Indonesia tidak menyurutkan antusiasme penonton untuk hadir langsung ke stadion.

"Argentina memberikan tekanan sejak kick-off, mendominasi penguasaan bola saat Indonesia berhasil melewati badai selama setengah jam pertama," kata AFP.

Di sisi lain, AFP juga menyoroti biaya yang harus dikeluarkan PSSI untuk memboyong Argentina yang kini berada di peringkat 1 FIFA ke Indonesia.

Disebutkan bahwa PSSI merogoh kocek senilai 5 juta dolar AS atau setara Rp 75 miliar agar laga FIFA Matchday antara Indonesia vs Argentina dapat terselenggara.

4. Channel News Asia

Media asal Singapura, Channel News Asia, menggambarkan usaha anak asuh Scaloni yang beberapa kali nyaris menjebol gawang Ernando Ari Sutaryadi.

Disebutkan bahwa bintang Manchester City Julian Alvarez seharusnya dapat mencetak dua gol setelah Ernando dan bek tengah Jordi Amat melakukan kesalahan saat menguasai bola di dalam kotak penalti.

Di sisi lain, Emiliano Martinez yang dipercaya mengawal gawang Argentina sejak menit pertama juga harus berjibaku mengamankan bola saat menepis sundulan pemain Indonesia di akhir babak pertama.

"Namun Argentina berhasil membuat tekanan, membuyarkan harapan Indonesia di menit ke-55 ketika bek Tottenham, Cristian Romero, berhasil melepaskan diri dari kawalan lawan dan mencetak gol sundulan," tulis Channel News Asia.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/06/20/071000965/kata-media-asing-usai-indonesia-dikalahkan-argentina-0-2-di-fifa-matchday-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke