Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara agar Nasi Tidak Menempel di Panci Rice Cooker dan Mudah Dicuci

Nasi yang menempel pada panci rice cooker kadang sulit dibersihkan karena telah kering dan menjadi kerak. 

Dikutip dari Mybudgetrecipes, nasi yang menempel di dasar panci disebabkan oleh beberapa hal, seperti kekurangan air atau terlalu matang saat memasak. 

Akibatnya, panci rice cooker menjadi sulit dibersihkan dan memerlukan waktu lama saat mencucinya. 

Cara mudah untuk menghindari nasi yang menempil di panci adalah dengan menambahkan lebih banyak air, membilas beras sebelum dimasak, dan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa cara agar nasi menempel di panci rice cooker dan mudah saat dibersihkan atau dicuci. 

Untuk menghindari nasi yang menempel pada panci, penting bagi Anda untuk menuangkan air dalam jumlah yang tepat sebelum memasak nasi.

Jumlah air yang dibutuhkan untuk setiap jenis beras akan memiliki perbedaan. Secara umum, berikut ini rincian untuk masing-masing jenis berasnya:

2. Bilas beras sebelum dimasak

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mencegah nasi menempel di dasar panci adalah dengan membilas beras sebelum dimasak.

Hal ini bertujuan untuk menghilangkan sebagian pati berlebih dari beras, yang bisa membuatnya menempel di panci. Selain itu, pastikan juga untuk membilas beras beberapa kali.

3. Aduk nasi hingga ke dalam air

Setelah dibilas, masukkan beras ke dalam penanak nasi dengan perbandingan air yang benar dan sesuai seperti yang sudah disebutkan di atas.

Sebelum menyalakan rice cooker, aduk beras hingga ke dalam air. Hal ini untuk memastikan bahwa setiap butir beras dapat terpisah dan tidak menempel pada dasar panci.

4. Gunakan alas masak silikon

Alas masak silikon adalah pilihan sempurna bagi orang-orang yang ingin memasak nasi di rice cooker tanpa harus khawatir nasi akan lengket di panci.

Alat masak silikon ini tahan panas, tidak beracun, serbaguna, dapat digunakan kembali, dan tahan lama. Namun alat silikon ini tidak dapat menyerap air, rasa, atau bau.

Dengan menggunakan alat masak silikon ini, maka Anda bisa mendapatkan permukaan anti lengket dengan tekstur nasi yang matang dengan cepat dan merata. 


5. Bisa tambahkan sedikit minyak atau mentega

Ada salah satu cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah nasi menempel pada panci, yaitu dengan menambahkan sekitar satu sendok teh minyak ke dalam panci saat Anda menanak nasi.

Minyak di sini dapat berfungsi sebagai penghalang antara nasi dan dasar panci, sehingga mencegah nasi lengket pada dasar panci.

Selain itu, menambahkan minyak zaitun ke nasi selama proses memasak juga merupakan cara sederhana untuk meningkatkan rasa, tekstur, dan kelembapan nasi.

6. Jangan terlalu penuh mengisi rice cooker

Kesalahan umum yang banyak dilakukann orang saat menanak nasi di rice cooker adalah mengisi panci hingga penuh. 

Untuk menghindari masalah ini, pastikan Anda menyisakan setidaknya satu atau dua inci ruang antara bagian atas nasi dengan penuutp di rice cooker Anda.

7. Setelah nasi matang, diamkan sejenak

Dikutip dari eHow, setelah nasi selesai dimasak, penting untuk mendiamkannya di dalam penanak nasi selama 10 menit. Langkah ini berguna untuk memastikan agar nasi matang dengan sempurna dan mengembang.

Selama periode ini, nasi akan menyerap kelembapan yang tersisa dan menguap secara merata. Selain itu, ini juga dapat mencegah nasi terlalu matang atau gosong.

8. Bersihkan bagian dalam panci secara rutin

Membersikan bagian dalam panci secara rutin adalah salah satu cara untuk mencegah agar nasi tidak menempel pada permukaan panci.

Pastikan untuk selalu mencucinya setelah digunakan. Anda bisa mencuci panci dengan menggunakan air hangat dan sabun. Cuci semua sisi panci dengan lembut menggunakan spons atau sikat.

Selain itu, penting untuk menghindari penggunaan pembersih abrasif karena dapat menyebabkan goresan atau kerusakan yang akan menyebabkan masalah menempel lebih lanjut.

Jika panci penanak nasi Anda memiliki lapisan anti lengket seperti teflon atau sejenisnya, hindari menggosok sama sekali dan rendam dengan sabun cuci piring dan air hangat sebagai gantinya.

Nah, itu lah cara agar nasi tidak menempel pada panci rice cooker saat memasak sehingga panci mudah dicuci dan dibersihkan. 

https://www.kompas.com/tren/read/2023/05/16/183000965/cara-agar-nasi-tidak-menempel-di-panci-rice-cooker-dan-mudah-dicuci

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke