Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Doa untuk Seorang Sahabat

Majelis hakim memvonis Roy Suryo dengan hukuman sembilan bulan penjara setelah dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana berupa sengaja menyebarkan informasi berisi ujaran kebencian dan permusuhan individu yang memicu sentimen permusuhan bernuansa SARA (suku, agama, ras, dan antar-golongan) terkait unggahan meme stupa Candi Borobudur berwajah mirip Presiden Joko Widodo.

Para simpatisan Roy Suryo menganggap putusan majelis hakim tersebut tidak adil karena terlalu berat. Sebaliknya para antipatisan sang mantan menpora menganggap vonis mejelis hakim pengadilan negeri Jakarta Barat tersebut sebagai cukup adil tetapi terlalu ringan.

Sebagai rakyat jelata awam hukum, saya tidak berani melibatkan diri ke dalam kemelut polemik hukum terkait mahaguru IT saya tersebut.

Namun sebagai sahabat, saya mencoba menghibur demi mengurangi beban derita lahir batin Roy Suryo dengan analogi nabi agama saya (saya Nasrani) agar terhindar dari tuduhan penistaan agama.

Melalui tulisan ini saya mengenang penderitaan lahir batin kelas sangat berat yang harus dipikul Jesus Kristus setelah dikhianati seorang di antara 12 murid, yaitu Judas Iskariot, untuk dilaporkan ke majelis ulama Judaisme di Jerusalem, kemudian lanjut diserahkan ke penguasa Romawi yang sedang menjajah Israel pada masa itu.

Penguasa Romawi mengadili lalu memvonis hukuman mati terhadap Jesus dengan cara disalib di puncak bukit Golgotha di suburb Jerusalem atas tuduhan makar serta penistaan terhadap agama Yahudi maupun Romawi.

Roy Suryo cukup menderita di rumah tahanan sebelum divonis sembilan bulan penjara. Namun pada hakikatnya penderitaan Roy Suryo tidak sebanding penderitaan Jesus Kristus yang setelah ditahan masih disiksa sebelum disalib di tiang salib yang harus digotong dengan susah payah oleh Jesus Kristus sendiri dari rutan ke puncak bukit Golgotha dalam jarak cukup jauh.

Maka, dengan penuh kerendahan hati saya bersujud demi berdoa memohon perkenan Yang Maha Kasih untuk menganugerahkan kekuatan lahir batin kepada Roy Suryo tatkala menghadapi masa hukumannya.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/01/07/101030565/doa-untuk-seorang-sahabat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke