Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Teritip, Hewan Laut yang Andalkan Penis Panjang untuk Kawin

Ia termasuk hewan bercangkang dan masih berkerabat dengan kepiting dan udang.

Hewan ini hanya ditemukan di air laut dan cenderung menyukai perairan dangkal atau pasang yang bergelombang kuat.

Cara mencari makannya adalah dengan menyaring plankton dan hewan ini melekat pada suatu objek.

Bernacle atau teritip (Cirripedia) memiliki cara perkawinan merupakan hal yang cukup rumit. Sebab, posisi hewan laut bercangkang itu terimpit di antara bebatuan di dalam laut.

Makhluk ini diketahui menggunakan penisnya yang panjang untuk dapat mengawini betina di sekitarnya.

Namun, para peneliti menyebut jika posisi betina dinilai terlalu jauh, teritip jantan akan menyebarkan sperma mereka kepada betinanya atau disebut spermcasting.

Teritip ini adalah krustasea pertama yang diketahui menggunakan strategi ini.

Menumbuhkan penis yang panjang

Menurut studi jurnal Proceedings of the Royal Society B itu, kebanyakan teritip adalah hermaprodit yang menghabiskan masa hidup mereka di antara permukaan yang keras.

Akan tetapi, mereka tidak dapat membuahi diri sendiri karena itulah hewan ini memerlukan pasangan untuk berkembang biak.

Saat kawin, teritip akan bersanggama semu atau menumbuhkan penis yang sangat panjang dan melepaskan sperma di dalam cangkang teritip lain di dekatnya, menyebabkan terjadinya pembuahan.

Dilansir dari NBC News, Jumat (18/1/2013), ahli biologi di Universitas Alberta, Marjan Barazandeh, dan timnya telah mengamati satu spesies teritip di Pasifik Timur Laut bernama Pollicipes polymerus, memiliki penis yang lebih pendek dari panjang kakinya.

Sementara itu, panjang penisnya tidak bervariasi sepanjang musim kawin tiba.

Selain itu, mereka juga memperhatikan bahwa beberapa spesies teritip mengeluarkan sperma di dalam air saat air surut.

Di sisi lain, para peneliti juga telah melakukan riset terhadap 599 teritip di lepas pantai British Columbia untuk memahami bagaimana teritip memiliki keragaman genetik.

Hasilnya, mereka menemukan sebanyak 37 teritip yang terisolasi telah dibuahi dengan sperma asing. Hal itu menjadikan anggapan bahwa teritip menyebarkan sperma kepada betina yang jaraknya jauh telah terbukti.

"Spesies Pollicipes polymerus agak unik, (sebab) memiliki penis yang relatif pendek dan tidak dapat memanjang, dan hidup di lingkungan fisik yang ekstrem (seperti pantai berbatu dengan gelombang), sehingga tampaknya penangkapan sperma lebih mungkin terjadi pada spesies ini daripada yang lain," tulis peneliti studi.


Sinyal dari betina

Selama memasuki masa perkawinan, teritip akan dibantu dengan bulu chemosensory yang menutupi penis mereka.

Bulu tersebut memungkinkan teritip jantan untuk mendeteksi sinyal yang diberikan oleh teritip betina.

Begitu pejantan menemukan pasangan yang mau menerimanya, hewan ini akan menggunakan penisnya yang panjang untuk menjangkau pasangannya.

Dilansir dari Wired, Kamis (17/7/2014), peneliti mengungkapkan bahwa penis teritip sangat sensitif, tapi mudah menyesuaikan diri dengan kondisi laut dan kepadatan populasi di lautan yang berbeda.

Kondisi air di mana teritip hidup secara bebas dapat memengaruhi ukuran dan bentuk penis mereka untuk melawan hantaman keras dari gelombang di perairan.

Di perairan yang tenang, teritip tumbuh panjang, serta memiliki penis yang fleksibel untuk menemukan pasangan sebanyak mungkin.

Sementara itu, teritip yang hidup di perairan berombak dan bergelombang memiliki penis yang lebih pendek dan lebih tebal.

Penis yang lebih tebal ini tidak memiliki kemampuan untuk meregang dengan jarak yang jauh dibandingkan dengan penis yang lebih tipis.

Tetapi, penis tebal ini memberikan manfaat lainnya, yaitu untuk menahan gelombang.

Bagi spesies teritip yang pindah dari perairan yang tenang ke wilayah yang lebih bergelombang akan menyesuaikan bentuk penisnya.

Menariknya, hewan yang tampak seperti kerang ini akan menumbuhkan penis mereka di setiap tahunnya sebelum memasuki musim kawin.

Bahkan, penis teritip disebut dapat meregang hingga delapan kali panjang tubuhnya.

Misalnya, spesies teritip Semibalanus balanoides yang dapat memanjangkan penisnya dengan meregang untuk menjangkau pasangannya.

Para peneliti meyakini bahwa teritip Balanus balanoides yang tinggal di daerah dengan sedikit berpenduduk memiliki lebih banyak lipatan di penis mereka, yang mengakibatkan spesies ini memiliki penis yang lebih panjang. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hidup Terimpit Bebatuan, Teritip Andalkan Penis yang Sangat Panjang untuk Kawin." 

(Sumber: Kompas.com Penulis : Zintan Prihatini | Editor: Bestari Kumala Dewi, Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas)

https://www.kompas.com/tren/read/2022/12/08/080000965/mengenal-teritip-hewan-laut-yang-andalkan-penis-panjang-untuk-kawin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke