Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Membangun Rumah Tingkat, Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan?

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, mendirikan rumah tingkat bertujuan untuk menambah ruangan atau space ruang sesuai fungsinya.

Rumah akan terlihat lebih besar dan lebih lengang dalam menyimpan barang-barang.

Namun, sebelum mendirikan atau membangun rumah tingkat, apa saja hal yang perlu diperhatikan?

Ada rencana untuk menambah ruangan ke depannya

Dosen Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Ashar Saputra mengatakan bahwa sebelum membangun rumah tingkat perlu dimantapkan atau dipersiapkan jika ingin menambah ruang.

Menurutnya, rumah akan cenderung ditingkat jika pemilik memiliki rumah dengan tipe 40-60.

"Menurut saya, untuk bangunan 40/60, bisa dibuat untuk 2 kamar tidur, ruang keluarga, dapur kecil, dan kamar mandi standar. Sebaiknya ada carport kecil pada lahan yang tersedia," ujar Ashar kepada Kompas.com, Rabu (23/2/2022).

"Diharapkan konstruksi rumah memang disiapkan untuk pengembangan ke depan, dengan menjadikan rumah 2 lantai," lanjut dia.

Alasan berencana ingin memiliki anak

Ashar menambahkan, pemilik rumah tipe 40/60 biasanya cocok dihuni untuk keluarga muda, yang baru membangun rumah tangga, dengan tingkat penghasilan yang sesuai.

Ia menambahkan, keluarga muda biasanya belum memerlukan kebutuhan ruang yang lebih banyak karena tambahan anggota keluarga atau keperluan fungsi ruang kerja atau kamar yang lebih banyak.

Pondasi rumah dipersiapkan untuk bangunan 2 lantai

Persiapan lain bagi orang yang akan membangun atau mendirikan rumah tingkat yakni elemen-elemen dalam pembangunan rumah atau struktur bangunan.

Kunci utamanya adalah pondasi rumah. Karena, dengan pondasi yang siap dan mampu menopang berat rumah berlantai 2, maka rumah bisa tahan lama dan aman untuk dihuni.

"Kalau untuk mempersipakan penambahan ruangan dengan membuat menjadi 2 lantai, maka fondasi dan elemen balok-kolomnya sudah dipersiapkan untuk adanya tambahan ruang secara vertikal," ujar Ashar.

Apabila Anda memutuskan untuk membangun rumah di perumahan, maka Anda bisa konsultasikan persiapan pondasi untuk bangunan bertingkat kepada developer.

"Iya, idealnya disampaikan ke developer. Sekarang sudah banyak developer yang menawarkan konsep ini, artinya rumah 1 lantai namun siap dikembangkan menjadi 2 lantai," imbuhnya.

Dikutip dari Kompas.com, (11/12/2021), ada 7 manfaat atau keuntungan jika Anda membangun rumah tingkat.

1. Menyiasati keterbatasan lahan

Tinggal di tengah lingkungan atau wilayah yang padat penduduk membuat lahan bangunan yang tersedia semakin terbatas.

Kendati demikian, memiliki rumah tingkat dapat menyiasati keterbatasan lahan yang dimiliki oleh sebagian penghuni rumah.

2. Memiliki lebih banyak ruang

Rumah tingkat membuat bangunan rumah terbangun secara vertikal.

Hal ini tentu saja membuat bangunan rumah memiliki lebih banyak ruang.

Dengan begitu, rumah tingkat dapat mengakomodasi kebutuhan ruang bagi penghuni rumah dengan jumlah anggota keluarga yang banyak.

3. Hilangkan kesan terkungkung

Jarak antara lantai dengan langit-langit (plafon) yang rendah membuat perasaan atau kesan terkungkung atau terkurung.

Namun, rumah tingkat membuat langit-langit menjadi lebih tinggi di beberapa ruang, sehingga terasa lebih luas.

4. Memperluas ruang terbuka hijau

Rumah tingkat dapat menambah luas bangunan tanpa mengesampingkan ruang terbuka hijau. Jadi, ruang terbuka hijau akan menjadi lebih luas dan nyaman untuk digunakan bersama keluarga.

5. Memberi privasi lebih

Ketika memiliki rumah tingkat, setiap penghuninya bisa meletakkan kamar tidur dan ruang-ruang pribadi di lantai atas, sehingga memberikan privasi yang lebih.

Sementara, lantai bawah bisa dioptimalkan sebagai area publik bagi tamu atau penghuni yang bukan keluarga.

6. Menikmati pemandangan dari ketinggian

Bagi yang suka menikmati pemandangan dari ketinggian, memiliki rumah tingkat (khususnya ada area balkon) bisa jadi salah satu sarananya.

Balkon juga bisa menjadi ruang santai yang mengasyikkan dan area alternatif untuk kumpul keluarga.

7. Udara yang lebih bersih

Rumah tingkat bisa menghasilkan udara yang lebih bersih karena sirkulasi udara yang lebih baik dari segala arah, baik dari lantai bawah maupun lantai atas.

Tetapi, hal ini berlaku apabila penghuni rumah rajin membuka pintu dan jendela dan membiarkan udara segar masuk ke dalam rumah.

https://www.kompas.com/tren/read/2022/02/24/160500465/tips-membangun-rumah-tingkat-apa-saja-yang-perlu-dipersiapkan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke