Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet

KOMPAS.com - Menurunkan berat badan untuk mencapai bobot ideal memang membutuhkan kerja keras.

Ada banyak diet yang berhasil menurunkan berat badan dengan cepat namun memiliki beberapa risiko. Entah membuat Anda cepat lapar, atau menyiksa tubuh karena tubuh jadi kekurangan nutrisi. Hal inilah yang justru membuat diet tidak efektif.

Untuk menjaga berat badan turun dan stabil di ukuran ideal secara permanen, yang terbaik yang bisa dilakukan adalah menurunkan berat badan secara perlahan-lahan.

Dikutip dari WebMD, banyak ahli mengatakan Anda dapat menurunkan berat badan tanpa melakukan diet. Kuncinya adalah membuat perubahan sederhana pada gaya hidup Anda.

Berikut ini 10 langkah sederhana dan tidak menyiksa, yang bisa digunakan menurunkan berat badan tanpa melakukan diet.

"Banyak orang berpikir melewatkan sarapan adalah cara yang bagus untuk mengurangi kalori, tetapi mereka biasanya justru jadi makan lebih banyak sepanjang hari," ujar penulis The Pocket Idiot's Guide to the New Food Pyramids, Elizabeth Ward, MS, RD.

Ward mengatakan, sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang sarapan memiliki indeks massa tubuh (BMI) lebih rendah ketimbang yang melewatkan sarapan. Selain itu, mereka yang sarapan juga bisa berkinerja lebih baik, baik di sekolah maupun di ruang rapat.

Ward menyarankan untuk mengonsumsi semangkuk sereal gandum utuh dengan buah dan produk susu rendah lemak pada porsi sarapan.

Selain bergizi, menu ini  mudah dibuat dan tak membutuhkan waktu lama dalam pengolahannya.

2. Tutup dapur di malam hari

Tetapkan waktu kapan Anda akan berhenti makan sehingga Anda tidak akan kembali ke hobi lama mengunyah kudapan larut malam atau ngemil sembarangan saat menonton televisi.

Jika ingin menyantap makanan manis selepas makan malam, alternatif sehatnya Anda bisa minum secangkir teh dan menghisap sepotong permen keras atau menikmati semangkuk kecil es krim ringan atau yogurt beku.

Lalu, gosok gigi Anda. Dengan demikian Anda tak akan tergoda untuk kembali makan atau minum apapun.

3. Pilih kalori cair dengan bijak

Minum minuman manis tentu berdampak penumpukan kalori, tapi tidak mengurangi rasa lapar layaknya makan makanan padat.

Alternatifnya, konsumsi air, air soda dengan jeruk, susu skim atau rendah lemak, atau jus buah asli dalam porsi kecil. Bisa juga dengan segelas jus sayuran bergizi dan rendah kalori untuk menahan rasa lapar di antara waktu makan.

Kurangi konsumsi alkohol, karena kalori pada alkohol dapat bertambah dengan cepat.

Caranya, Anda bisa memulai makan siang atau makan malam dengan salad sayuran atau semangkuk sup berbasis kaldu.

Lengkapi dapur Anda dengan banyak buah dan sayuran dan konsumsilah bahan nabati tersebut di setiap waktu makan dan cemilan Anda.

Dengan begini, tubuh akan banyak menerima vitamin, mineral, fitonutrien, dan serat yang baik untuk metabolisme.

5. Konsumsi gandum berserat

Kemudian, Anda bisa mengganti biji-bijian utuh dengan biji-bijian olahan seperti roti gandum dan pasta, beras merah, serpih dedak, popcorn, dan biskuit gandum utuh.

Gandum mampu menambah serat yang sangat dibutuhkan tubuh dan bisa menahan rasa kenyang cukup lama sehingga Anda cenderung makan dalam porsi yang wajar.

6. Kontrol lingkungan Anda

Langkah sederhana lain untuk membantu mengurangi kalori yakni dengan mengontrol lingkungan Anda.

Caranya yakni dengan memulai menyediakan berbagai jenis makanan sehat di dalam dapur.

Hindari godaan dengan menjauhi restoran yang menyediakan menu all you can eat.

Selain itu, jika Anda menghadiri pesta atau jamuan makan, Anda bisa makan terlebih dulu di rumah sebelum menghadiri pesta. Sehingga Anda tidak akan kelaparan dan makan terlalu banyak di jamuan prasmanan.

7. Kurangi porsi

Salah satu langkah sederhana menurunkan berat badan adalah mengurangi porsi makanan.

Bagaimana cara mengurangi porsi ini? Gunakan trik jitu, yaitu menempatkan sajian di piring atau mangkuk berukuran kecil.

Dengan begini, mata akan tertipu bahwa Anda menyantap banyak makanan dalam sepiring sajian. Padahal makanan yang ada sebenarnya berukuran kecil saja.

Disarankan untuk jalan kaki secara bertahap setidaknya mencapai 10.000 langkah per hari. Anda bisa melakukannya sambil berbicara di telepon, mengajak peliharaan Anda jalan-jalan, dan kegiatan lainnya.

9. Konsumsi protein di setiap makan dan cemilan

Menambahkan sumber protein tanpa lemak atau rendah lemak pada setiap makanan dan kudapan akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Caranya, konsumsi yogurt rendah lemak, sebagian kecil kacang-kacangan, selai kacang, telur, kacang-kacangan, atau daging tanpa lemak.

10. Gunakan produk rendah lemak

Anda dapat memangkas kalori dengan mudah jika Anda menggunakan produk rendah lemak dan ringan.

Caranya, Anda bisa menggunakan saus salad versi rendah lemak, mayones, dan juga produk susu.

Itulah 10 langkah menurunkan berat badan tanpa Anda perlu bersusah payah menahan makan dalam berbagai tipe diet yang melelahkan

https://www.kompas.com/tren/read/2022/02/20/143000965/10-cara-menurunkan-berat-badan-tanpa-diet

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke