Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Aplikasi Paling Banyak Diunduh pada September 2021: TikTok Pertama, Facebook Kedua

KOMPAS.com - Lembaga riset pasar Sensor Tower merilis laporan terbaru tentang aplikasi yang paling banyak diunduh pada September 2021.

Berdasarkan laporan itu, aplikasi buatan Bytedance, TikTok, menjadi aplikasi non-game paling banyak diunduh di seluruh dunia.

Dilansir dari sensortower.com, Senin (11/10/2021), TikTok meraih lebih dari 59 juta unduhan pada periode September 2021.

"Negara dengan jumlah unduhan terbesar Douyin (nama lain TikTok di China) sebesar 16 persen, disusul Amerika Serikat sebesar 12 persen," demikian Sensor Tower dalam laporannya.

India berkontribusi sekitar 29 persen atas jumlah pemasangan Facebook, diikuti oleh Indonesia sebesar 7 persen.

Menggenapkan posisi lima besar ada aplikasi di bawah naungan Facebook lainnya, yaitu Instagram, WhatsApp, dan Messenger.

TikTok

Diberitakan Kompas.com, 12 Agustus 2021, yang melansir BBC, TikTok juga menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia pada 2020 berdasarkan hasil analisis dari App Annie.

Platform berbagi video buatan China itu menjadi satu-satunya aplikasi yang tidak dimiliki oleh Facebook dalam lima besar unduhan secara global.

Popularitas TikTok masih terus berlanjut.

Bahkan, setelah Donald Trump, saat masih menjabat Presiden Amerika Serikat (AS), mencoba melarang aplikasi itu di negaranya.

Aplikasi milik Facebook telah menempati posisi teratas sejak survei dimulai pada 2018 dan masih mendominasi grafik.

Pada 2020, Presiden Donald Trump mengeluarkan perintah eksekutif untuk melarang unduhan baru aplikasi TikTok di AS.

Pemerintahan Trump mengklaim, TikTok menimbulkan risiko keamanan nasional karena Pemerintah China memiliki akses ke data penggunanya.

TikTok berulang kali membantah tuduhan itu.

Sejak menjadi Presiden AS pada Januari 2021, Joe Biden telah mencabut perintah eksekutif Trump.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/10/16/080300465/10-aplikasi-paling-banyak-diunduh-pada-september-2021--tiktok-pertama

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke