Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Sehat Menyesap Kopi untuk Usia 50 Tahun ke Atas

Dr. Adela Navarro, spesialis kardiologi Hospital de Navara, Spanyol, mengatakan bahwa kopi memiliki senyawa yang melindungi sel-sel tubuh orang berusia 50 tahun ke atas. 

Hal ini seperti dilansir dari Time, bahwa secangkir kopi setiap hari bisa dimasukkan ke dalam menu diet sehat ala usia 50 tahun. 

Kopi dikatakan bisa menurunkan risiko kematian di usia muda. Hal ini lantaran selain mengandung kafein, kopi juga membawa senyawa bioaktif yang bisa melawan peradangan, gangguan kesehatan yang paling sering menganggu usia tua.

Selain itu, masih ada beberapa manfaat kesehatan lagi yang dibawa oleh secangkir kopi. Yaitu kopi bisa meningkatkan fungsi kognitif juga menurunkan risiko terkena penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, parkinson, depresi, juga penyakit hati.

Menghimpun data dari Visitingangels, meminum 3 cangkir kopi sehari tanpa gula dan krimer bisa mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 25 persen.

Sedangkan menurut American Parkinson Disease Association, kafein dan Eiconsanoyl-5-hydroxtrypatmide di dalam kopi bisa efektif menjaga perubahaan biokimia tubuh yang bisa mengarah ke gangguan parkinson.

Manfaat lain dari kopi juga diutarakan oleh Cardiovascular Risk Factor, Aging and Dementia Study, yang memaparkan bahwa rutin mengonsumsi kopi bisa membuat usia 50 tahun memiliki risiko kecil terkena demensia dan alzheimer.

Tips sehat menyesap kopi untuk usia 50 tahun

Meski memiliki banyak manfaat, tapi Anda yang sudah berusia 50 tahun ke atas harus berhati-hati ketika mengonsumsi kopi.

Hendaknya Anda jangan mengonsumsi kopi lebih dari 4 cangkir sehari. Karena kebanyakan kopi bisa melahirkan efek samping seperti perut begah, tremor, anxiety, dan sakit kepala.

Karena menurut studi, usia di atas 50 tahun memiliki waktu memproses kopi lebih lamban sekitar 33 persen dibanding usia produktif. Sehingga kafein pun akan lebih lama mendekam di dalam peredaran darah.

Jadi ketika Anda menyesap kopi di pukul 4 sore, besar kemungkinan kafein masih terus ada di peredaran darah hingga pukul 10 malam dan membuat kantuk tak bisa datang.

Seperti dicukil dari BBC, sebaiknya Anda yang sudah berusia 50 tahun ke atas, tak menyesap kopi sore atau kopi petang agar waktu tidur tak terganggu.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/10/01/103000065/tips-sehat-menyesap-kopi-untuk-usia-50-tahun-ke-atas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke