Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[HOAKS] Ramuan Bawang Putih Bisa Bersihkan Paru-paru dari Nikotin dan Tar akibat Rokok

Informasi yang beredar itu menyebutkan, bawang putih dicampurkan bersama bahan-bahan lain untuk membuat ramuan herbal yang diklaim baik dikonsumsi setiap hari.

Informasi itu juga mengeklaim bahwa ramuan tersebut akan membantu menghilangkan racun di paru-paru, yang terjadi akibat kebiasaan merokok.

Berdasarkan konfirmasi Tim Cek Fakta Kompas.com, Dokter spesialis paru sekaligus Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Agus Dwi Susanto, mengatakan, informasi ramuan bawang putih dapat membersihkan paru-paru dari nikotin dan tar adalah tidak benar alias hoaks.

Narasi yang beredar

Informasi bahwa bawang putih memiliki khasiat untuk membersihkan paru-paru dari nikotin dan tar dibagikan di Facebook oleh akun ini, ini, dan ini.

Berikut narasi selengkapnya:

"Rekomendasi bngt buat perokok.

Ramuan Ini Pembersih Nikotin dan Tar di Paru-paru
Wajib Bagi Para Perokok

Bahan- bahan: bahan-bahan berupa bawang putih, kunyit, jahe, dan madu.

Caranya:
1. Siapkan terlebih dahulu 400 gram bawang putih, dua sendok teh kunyit, jahe satu inci (2,5 cm), madu 400 gram serta satu liter air.
2. Rebus air, lalu campurkan potongan bawang dan parutan jahe ke dalam air rebusan, diamkan hingga air mendidih.
3. Setelah air mendidih campurkan lagi kunyit yang telah dihaluskan kemudian angkat dan dinginkan.
4. Air rebusan yang telah dingin disaring untuk memisahkan
ampasnya.Baru campur madunya
5. Air rebusan sebaiknya dimasukkan ke dalam botol dan simpan di lemari es.

Cara mengonsumsinya: minum air rebusan sebanyak dua kali sehari pada pagi hari sebelum makan dan malam hari setelah makan (ringan). Dosis yang dianjurkan cukup dua sendok makan setiap kali minumnya.

Rutin mengonsumsi air rebusan itu akan membantu menghilangkan racun di paru-paru akibat kebiasaan merokok. Adapun kandungan dalam bahan-bahan yang digunakan seperti jahe yang memiliki sifat penyembuhan dan telah digunakan sejak kuno,"

Konfirmasi Kompas.com

Tim Cek Fakta Kompas.com meminta mengonfirmasi informasi tersebut kepada dokter spesialis paru.

Dokter spesialis paru yang juga Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Agus Dwi Susanto, mengatakan, klaim ramuan bawang putih dan bahan-bahan rempah lain dapat membersihkan paru-paru dari nikotin dan tar akibat merokok adalah tidak benar.

"Kurang tepat informasi tersebut. Sejauh ini belum ada bukti ilmiahnya," kata Agus saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (27/9/2021)

Agus mengatakan, kunci membersihkan paru-paru dari nikotin dan tar bagi perokok adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok.

"Kunci membersihkan nikotin dan tar bagi perokok adalah berhenti merokok," ujar dia.

Agus menjelaskan, jika kebiasaan merokok tidak dihentikan maka paru-paru akan tetap kotor meski perokok meminum ramuan tersebut setiap hari.

"Asupannya nikotin dan tar masuk terus, ya tetap membuat kerusakan. Belum lagi bahan-bahan lain seperti partikulat matter (PM) dari asap rokok yang bersifat oksidatif dan merangsang peradangan saluran napas, paru dan organ-organ lain tetap menimbulkan bahaya kesehatan," jelas Agus.

"Stop merokok kuncinya untuk tubuh sehat," kata dia.

Kesimpulan

Berdasarkan konfirmasi Tim Cek Fakta Kompas.com, dapat disimpulkan bahwa klaim ramuan bawang putih dan bahan-bahan rempah lain berkhasiat membersihkan paru-paru yang kotor akibat merokok dalah tidak benar.

Dokter spesialis paru sekaligus Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Agus Dwi Susanto, mengatakan bahwa sejauh ini belum ada bukti ilmiah yang mendukung klaim tersebut.

Ia mengatakan, kunci utama membersihkan paru-paru dari nikotin dan tar adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/27/102900565/hoaks-ramuan-bawang-putih-bisa-bersihkan-paru-paru-dari-nikotin-dan-tar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke