Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bersama Kopi Pagi

Di belahan dunia mana pun, kopi dijadikan menu wajib sarapan. Berteman beraneka menu makan pagi, secangkir kopi manis atau pahit selalu terhidang di meja makan.

Kopi seolah bisa berteman dengan sajian apa saja, apa pun yang disuguhkan di menu sarapan pagi. Padahal ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tak dikonsumsi bersamaan dengan kopi.

Alasan utamanya, tentu saja karena kandungan pada makanan kontra dengan kandungan kafein pada kopi.  

Lantas makanan-makanan apa saja yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan kopi pagi ini?

Makanan yang tak bisa dikonsumsi bersama kopi

Dilansir dari SFGATE, ini lah beberapa jenis makanan tersebut:

1. Makanan sumber kalsium

Kafein dari kopi bisa menganggu tubuh dalam proses menyerap kalsium yang ada. Efeknya, kalsium yang seharusnya terserap tubuh akan dikeluarkan secara maksimal melalui urin. Hal ini akan membuat tubuh tak mendapat asupan kalsium yang semestinya.

Jadi agar tubuh tetap mendapat asupan kalsium harian, jangan mengonsumsi kopi lebih dari 3 cangkir dalam sehari. Atau, pilihah kopi rendah kafein agar tubuh tetap bisa menyerap kalsium dengan baik.

2. Makanan sumber zinc

Untuk mencukupi asupan zinc di dalam tubuh, jangan menyeduh kopi setelah mengonsumsi asupan sumber zinc tersebut.

Karena meski berbentuk kopi decaf sekali pun, minuman beraroma wangi ini tetap bisa menghalangi tubuh dalam menyerap zinc.

Hal ini karena kopi juga mengandung tannates, mineral yang tak mudah dirombak dan diserap oleh tubuh. Sehingga ketika asupan kaya zinc masuk, tubuh masih kewalahan dalam merombak tannates dan tak sempat melirik zinc.

3. Makanan kaya vitamin

Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Bone Metabolism menyatakan bahwa sebagian besar pecinta kopi memiliki tabungan vitamin D rendah dalam tubuhnya.

Hormon kortisol adalah hormon yang bertugas menjaga kewaspadaan dan fokus diri, serta bertugas menjaga metabolisme tubuh dan sistem imun.

Hormon kortisol mencapai puncaknya setelah 30 hingga 45 menit Anda terjaga di pagi hari. Dan setelah itu angkanya akan menurun hingga mencapai titik terendahnya.

Jadi ketika Anda terbangun pukul 6 pagi, maka waktu terbaik mengonsumsi kopi adalah di sekitar pukul 9 hingga 11 pagi.

Nah sebelum hormon kortisol mencapai titik terendahnya, konsumsi lah dulu berbagai menu pagi yang paling Anda sukai. Beri jeda sekitar satu jam, sebelum Anda akhirnya menikmati aroma kopi.

Dengan mengatur waktu mengonsumsi kopi ini, tubuh akan tetap aman dalam menyerap semua kebutuhan nutrisi. 

https://www.kompas.com/tren/read/2021/08/29/083000065/makanan-yang-sebaiknya-tidak-dikonsumsi-bersama-kopi-pagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke