Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Mobil Matik Lebih Mahal daripada Mobil Manual

KOMPAS.com - Ada beberapa faktor yang membuat harga jual satu model kendaraan berbeda-beda, termasuk varian dan jenis transmisi.

Biasanya, mobil dengan transmisi otomatis cenderung memiliki harga jual yang lebih mahal di pasaran ketimbang mobil dengan transmisi manual.

Misalnya saja, perbedaan harga pada produk Daihatsu Rocky. Jika dibandingkan, terdapat selisih harga antara Rocky 1.2L varian M MT (Rp185,8 juta) dengan varian M CVT (Rp202,2 juta).

Sementara itu, Rocky 1.0L Turbo varian R TC MT (Rp224,1 juta) dan RT TC CVT (Rp237,9 juta) memiliki selisih sekitar Rp13,8 juta.

Dengan begitu, harga jual mobil dengan transmisi manual dan transmisi matik dapat berselisih hingga belasan juta rupiah.

“Kalau bicara harga jual, secara umum, mobil matik memang lebih mahal ketimbang mobil manual,” ujar Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor.

Menurut Supriyadi, jika dilihat dari komponennya, mobil matik mengusung teknologi yang lebih canggih, sehingga spare part cenderung lebih banyak ketimbang transmisi manual.

“Mobil matik kan lebih nyaman dibanding manual, biaya lebih nyamannya itu yang memang menjadi tambahan,” kata Bambang.

“Kalau bicara komponen, memang matik ada lebih banyak, single part transmisi matik itu banyak tapi sebenarnya yang dibayar pelanggan yaitu kenyamanan dan kemudahan,” imbuhnya.

Apalagi, transmisi matik milik Rocky sudah mengusung Dual CVT. Transmisi ini merupakan transmisi CVT dengan teknologi mutakhir. Keunggulannya adalah transmisi berjenis torque converter dikombinasikan dengan kehalusan transmisi CVT.

“Saat mobil berjalan lambat di perkotaan, transmisi akan menggunakan belt CVT untuk menggerakkan mobil, tetapi ketika kencang, split gear akan bermain mulai kecepatan 60 kpj,” ucap Supriyadi.

“Sehingga gejala power loss pada transmisi CVT konvensional tidak ditemukan pada Rocky. Di kecepatan tinggi mobil tetap nyaman, minim noise, serta tetap efisien,” ujarnya.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Minggu (20/6/2021), berikut ini perbandingan harga mobil bertransmisi otomatis dan manual pada Daihatsu Rocky (Skema PPnBM 50 persen):

Transmisi Otomatis

Rocky 1.2L

M CVT: Rp202,2 juta

X CVT: Rp215,1 juta

ADS CVT: Rp223,1 juta

Rocky 1.0L Turbo

R TC CVT Rp237,9 juta

R TC CVT ADS Rp245,9 juta

R TC CVT ASA Rp246,9 juta

Transmisi Manual

Rocky 1.2L

M MT: Rp185,8 juta

X MT: Rp198,7 juta

ADS MT: Rp206,7 juta

Rocky 1.0L Turbo

R TC MT Rp224,1 juta

R TC MT ADS Rp 232,1 juta

(Penulis: Dio Dananjaya | Editor: Azwar Ferdian)

Sumber: KOMPAS.com

https://www.kompas.com/tren/read/2021/08/14/213000065/alasan-mobil-matik-lebih-mahal-daripada-mobil-manual

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke