Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harimau Ragunan Positif, Hewan Apa Saja yang Bisa Terpapar Covid-19?

Anies mengatakan, dua harimau itu ditemukan bergejala Covid-19 tiga pekan lalu dan gejalanya mirip dengan yang diderita manusia. "Yaitu flu, lemas dan sesak nafas," kata Anies dalam unggahan instagramnya @aniesbaswedan, Minggu (1/8/2021).

SARS-CoV-2 menyebar terutama melalui penularan dari manusia ke manusia, tetapi ada sejumlah bukti penularan antara manusia ke hewan.

Sejak awal pandemi pada tahun 2020 silam, beberapa hewan telah dilaporkan terinfeksi virus SARS-CoV-2 ini. Tak hanya hewan peliharaan, hewan liar pun juga rentan terpapar Covid-19.

Apa saja hewan yang sudah berpengalaman terinfeksi virus ini? Berikut rangkuman Kompas.com dari berbagai sumber:

1. Anjing

Dilansir dari South China Morning Post, Hong Kong pertama kali melaporkan kasus infeksi Covid-19 di dunia pada anjing peliharaan pada akhir Februari 2020. Hewan itu ialah anjing jenis Pomeranian berusia 17 tahun.

Anjing malang itu milik seorang pasien Covid-19, yang kemudian mati karena penyebab yang tidak diketahui. Empat kucing dan satu anjing lainnya kemudian dites dan hasilnya mereka ikut positif tertular empunya.

Bulan Juli di tahun yang sama, ditemukan kasus positif Covid-19 pada seekor anjing terrier Yorkshire dan kucing bulu pendek Skotlandia di Tsuen Wan dan Sham Shui Po.

Pemiliknya adalah kontak dekat pasien terkonfirmasi Covid-19.

2. Kucing 

Di Inggris, seekor kucing peliharaan tak sengaja terdeteksi positif tertular Covid-19 pada Juli 2020.

Semula, seorang dokter hewan swasta mendiagnosis si kucing terkena virus herpes. Infeksi pernafasan ini umum diderita kucing.

Akan tetapi, sampel juga diuji untuk Sars-Cov-2 sebagai bagian dari program penelitian.

Diperkirakan kucing itu tertular virus corona dari sang pemilik yang dinyatakan positif terkena virus. Kini keduanya telah pulih.

Para ahli mengatakan itu adalah kasus infeksi pertama yang dikonfirmasi pada hewan di Inggris tetapi tidak berarti penyakit itu disebarkan ke orang-orang oleh hewan peliharaan mereka.

3. Gorila

Delapan gorila dataran rendah barat milik Taman Safari San Diego terpapar varian West Coast virus Covid-19 di California, Amerika Serikat. Kebun Binatang sendiri mengklaim semua karyawannya telah mematuhi segala tindakan pencegahan biosekuriti.

Kedelapan gorila di kebun binatang lalu dikarantina setelah didiagnosis positif pada 11 Januari 2021. Dilansir CNN, gorila-gorila tersebut menunjukkan gejala seperti batuk ringan, hidung tersumbat, dan lesu.

"Gorila terinfeksi dengan garis varian B.1.429 dari virus corona, yang telah lazim di California dan mungkin lebih menular daripada jenis lainnya," ujar pejabat kebun binatang setempat.

4. Cerpelai

Dalam situs resminya, World Health Organization (WHO) menyebut beberapa hewan seperti cerpelai, anjing, kucing domestik, singa, harimau, dan anjing rakun telah dinyatakan positif mengidap SARS-CoV-2 setelah kontak dengan manusia yang terinfeksi.

Dilansir melalui situs resmi WHO (30/12/2020), terdapat laporan tentang wabah hewan besar di peternakan cerpelai di beberapa negara. SARS-CoV-2 dapat berubah saat menginfeksi cerpelai. 

Dalam laporan tersebut diungkapkan, varian cerpelai dapat menularkan kembali ke manusia melalui kontak dekat dengan cerpelai. Hasil awal menunjukkan bahwa varian cerpelai yang menginfeksi manusia tampaknya memiliki sifat yang sama dengan varian lain dari virus SARS-CoV-2.

Sumber: CNN, South China Morning Post, BBC, WHO

https://www.kompas.com/tren/read/2021/08/01/144000165/harimau-ragunan-positif-hewan-apa-saja-yang-bisa-terpapar-covid-19-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke