Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ramai “Google Terus Berhenti” di Ponsel Android, Ini Diduga Penyebabnya

KOMPAS.com - Pengguna ponsel Android mengeluhkan adanya pesan pop-up "Google terus berhenti" atau "Google keeps stopping" yang muncul di ponsel mereka.

Keluhan itu dilaporkan serempak oleh pengguna Android seluruh dunia di berbagai platform media sosial, pada hari ini, Selasa (22/6/2021).

Dikutip dari Independent, Selasa (22/6/2021), pop-up "Google terus berhenti" itu diduga terkait dengan aplikasi bawaan Google.

Selain itu, kemunculan pop-up tersebut juga dialami oleh pengguna ponsel Android dari berbagai merek, mulai dari ponsel Pixel buatan Google, Xiaomi, hingga Samsung.

Dugaan penyebab

Error pop-up yang menimpa pengguna Android hari ini mengingatkan pada masalah serupa yang sempat terjadi Maret 2021, ketika ponsel berhenti bekerja (crashed) dengan sendirinya.

Kemudian, ada pula error yang terjadi pada Android System WebView tool, yang digunakan oleh ponsel untuk me-render halaman web. 

Bug pada Android System WebView tool itu dengan cepat menyebar ke aplikasi lain.

Terkait error pop-up "Google terus berhenti" yang terjadi hari ini, sejumlah pihak menduga bahwa hal itu disebabkan oleh adanya bug pada pembaruan (update) aplikasi milik Google.

Dugaan tersebut salah satunya diungkapkan oleh General Manager Xiaomi Indonesia Alvin Tse, melalui akun Twitter-nya, Selasa (22/6/2021).

"Sepertinya ada bug Google yang baru saja muncul hari ini. Tim sedang menyelidikinya. Sementara itu jika Anda melihat pembaruan (update) untuk aplikasi Google di playstore, harap tunda pembaruan," tulis Alvin Tse.

Solusi dari Google

Google masih belum memberikan penjelasan resmi mengenai penyebab dari munculnya pop-up "Google terus berhenti itu".

Akan tetapi, akun media sosial resmi mereka secara aktif memberikan solusi bagi pengguna yang mengalami error tersebut.

Solusi lain

Kendati solusi tersebut berhasil untuk beberapa pengguna, tetapi menurut Independent, pengguna Android lainnya mengeluhkan bahwa pop-up itu masih terus muncul, meski sudah mencoba solusi yang disarankan Google.

Sementara itu, pengguna Android lainnya menyebutkan bahwa masalah itu dapat diselesaikan dengan cara bergabung dengan Google app beta, sehingga versi baru dapat diunduh.

Cara itu dilakukan dengan mendaftar ke program yang memungkinkan akses ke versi awal melalui tautan ini, dan kemudian mengunduh versi beta baru melalui Play Store.

Sementara itu, GM Xiaomi Indonesia Alvin Tse menyebutkan, salah satu cara untuk mengatasi error pop-up itu adalah dengan menghapus pembaruan dari aplikasi Google.

  • Buka menu setting ponsel kemudian buka bagian pengelolaan aplikasi
  • Cari dan buka aplikasi Google dari daftar yang muncul
  • Lalu, klik menu berlambang tiga titik di pojok kanan atas dan pilih "Hapus instalan pembaruan"
  • Klik "Ok" di prompt yang muncul

Berdasarkan pengalaman KompasTekno dengan perangkat yang mengalami masalah serupa, cara di atas efektif menghentikan pop-up "Google terus berhenti". Namun, ini mungkin hanya solusi sementara.

Perbaikan sepenuhnya kemungkinan harus menunggu Google menyalurkan update lain untuk menambal bug, seperti dalam kasus error Android System WebView beberapa waktu lalu.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/06/22/200000665/ramai-google-terus-berhenti-di-ponsel-android-ini-diduga-penyebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke