Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kereta Baru, Baturaden Ekspres Relasi Purwokerto-Bandung Beroperasi Mulai 25 Juni, Simak Informasinya...

KOMPAS.com - Sebuah unggahan berisi informasi mengenai adanya kereta baru bernama Baturaden Ekspres dengan relasi Purwokerto-Bandung beredar di media sosial pada Kamis (10/6/2021).

Informasi itu disebarluaskan oleh akun Twitter @fa_ubudiyah.

"Wah wah kereta baru dari Pwt - Bandung. Nama keretanyaaa," tulis pemilik akun Twitter @fa_ubudiyah.

Selain itu, twit juga dilengkapi dengan tangkapan layar yang memperlihatkan jadwal keberangkatan KA Baturaden Ekspres melalui aplikasi KAI Access.

Dalam foto juga tertera waktu keberangkatan KA Baturaden Ekspres yakni dari Stasiun Purwokerto pukul 05.40 WIB dan tiba di Stasiun Bandung pada pukul 12.09 WIB.

Oleh karena itu, dalam satu kali perjalanan kereta ini menempuh waktu selama 6 jam 29 menit.

Lantas, kapan KA Baturaden Ekspres mulai beroperasi?


Vice President Public Relations PT KAI Joni Martinus menyampaikan KA Baturaden Ekspres mulai beroperasi pertama kali pada 25 Juni 2021.

Ia menambahkan, kereta ini memiliki relasi pulang-pergi (PP).

"KA Baturraden Ekspres adalah kereta api relasi Bandung-Purwokerto PP via Cikampek yang akan dioperasikan perdana pada 25 Juni 2021," ujar Joni saat dihubungi Kompas.com, Jumat (11/6/2021).

Pada tahap awal, imbuhnya, KA Baturraden Ekspers akan dioperasikan pada Jumat dan Minggu yaitu 25 Juni dan 27 Juni 2021, serta 2 Juli dan 4 Juli 2021.

Harga dan kelas yang tersedia di KA Baturaden Ekspres

Guna memberikan kenyamanan bagi penikmat perjalanan moda kereta api, PT KAI menyediakan 2 kelas pada rangkaian KA Baturaden Ekspres yakni kelas eksekutif dan kelas bisnis.

Karena terdapat dua kelas, maka harga tiket pun disesuaikan.

Berikut rinciannya:

Joni mengatakan, tiket tersebut sudah dapat dibeli melalui KAI Access dan sejumlah tempat pembelian resmi PT KAI.

"Tiket bisa dibeli melalui KAI Access, web KAI, loket reservasi stasiun, dan seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya," ujar Joni.


Wajib tunjukkan surat bebas Covid-19

Lantaran termasuk KA Jarak Jauh, setiap pelanggan yang akan menggunakan KA Baturraden Ekspres diharuskan menunjukkan surat bebas Covid-19 yang masih berlaku.

Jika ingin melakukan rapid test antigen maupun GeNose C19di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode pemesanan KA jarak jauh yang sudah lunas.

Namun, untuk anak usia 5 tahun ke bawah tidak wajib rapid test antigen.

Untuk membantu melengkapi syarat tersebut, PT KAI menyediakan layanan sebagai berikut:

  • Rapid Test Antigen seharga Rp 85.000
  • Pemeriksaan GeNose C19 seharga Rp 30.000

Sementara, untuk penumpang yang akan melaksanakan tes GeNose C19 diminta tidak merokok, makan, minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum melaksanakan tes.

Adapun masa berlaku hasil pemeriksaan GeNose C19 adalah maksimal 1x24 jam sebelum jadwal keberangkatan KA sesuai dengan SE Satgas Penanganan Covid-19.

Perlu diperhatikan, jika ada yang tidak sesuai dengan persyaratan, maka penumpang dilarang melanjutkan perjalanan dan tiket akan dibatalkan.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/06/12/130500865/kereta-baru-baturaden-ekspres-relasi-purwokerto-bandung-beroperasi-mulai-25

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke