Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Artis Alice Norin Alami Placenta Previa Totalis Acreta, Apa Itu?

KOMPAS.com – Artis Alice Norin melahirkan anak keduanya Rabu (9/9/2020) lalu.

Namun untuk melahirkan anak kedua ini dirinya harus melakukan perjuangan ekstra.

Sebab dalam kehamilannya kali ini Alice mengalami kondisi Placenta previa totalis accreta.

Hal itu sebagaimana ia ceritakan melalui unggahan Instagramnya.

"Di awal kehamilan, aku didiagnosis mengalami kondisi placenta previa yang mengharuskan aku untuk konsultasi dengan beberapa dokter ahli. Setelah beberapa kali konsul, ternyata ada kondisi accreta juga, dimana kasus accreta ini jarang terjadi," tulisnya sebagaimana dikutip dari Kompas.com Minggu (13/9/2020).

Alice juga menceritakan, dirinya bahkan sempat diberitahu bahwa ada kemungkinan rahimnya akan ikut diangkat.

Meski demikian dia berutung, hal tersebut tidak perlu sampai dilakukan.

Meskipun dalam prosesnya dia sempat dirawat di ICU dan kehilangan darah hingga 3 liter.

Lantas sebenarnya apa itu Placenta previa totalis accreta?

Letak plasenta

Terkait hal tersebut Kompas.com menghubungi dr. Boy Abidin, Sp.OG (K), seorang dokter kandungan di RS. Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta. 

Boy menjelaskan bahwa Plasenta previa adalah kondisi dimana letak plasenta tidak pada semestinya sehingga ia menutup jalan lahir bayi.

“Kalau ada tambahan accreta, dia kan harusnya menempel di lapisan rongga lahir. Kalau acreta dia menyusup ke otot lahir, menyusup terlalu dalam," terangnya saat dihubungi Kompas.com Senin (14/9/2020).

Dia menyampaikan, pada ibu hamil bisa mengalami kondisi accreta saja atau previa saja ataupun gabungan dari keduanya.

Terkait dengan kondisi acreta pihaknya menjelaskan, plasenta dapat menyusup terlalu dalam pada otot rahim sehingga menempel dan susah untuk dilepaskan.

Maka yang harus dilakukan adalah tindakan khusus, bahkan plasenta harus ditinggalkan karena tidak bisa lepas dari rahimnya.

“Kalau dia tertahan atau tertinggal, ada perdarahan maka ada 2 pengelolaan. Apakah ditinggal placentanya atau rahimnya diangkat,” jelas Boy.

Pihaknya menjelaskan, saat bayi lahir, plasenta tak lagi memiliki fungsi apa-apa sehingga bisa menimbulkan masalah karena menjadi benda asing di dalam rahim sehingga kemudian pilihannya adalah diangkat.

Penyebab

Boy mengatakan penyebab untuk kondisi plasenta previa maupun plasenta acreta ataupun gabungan dari keduanya ini belum diketahui dengan pasti.

Akan tetapi ia menyampaikan umumnya untuk kondisi plasenta accreta ini terjadi pada kehamilan anak ke dua atau tiga, dan sangat jarang terjadi pada anak pertama karena kemungkinan terkait adanya penurunan kualitas dinding rahim.

Menurutnya untuk mengetahui apakah seorang ibu hamil mengalami masalah terkait plasenta, menurutnya hal itu bisa diketahui dari hasil USG kandungan saat memasuki trimester kedua.

“Kita lihat saat proses kehamilan. Kan kalau dilihat dengan USG, saat proses pembentukan plasenta usia 10 minggu ke atas, 2 bulan 3 bulan kita liat plasentanya sampe nanti 7 bulan apakah dia menyusup terlalu dalam,” ujr Boy.

Ia mengatakan meskipun penyebab belum diketahui dengan pasti akan tetapi menurutnya beberapa teori mengatakan ada beberapa kemungkinan penyebab.

Seperti faktor lingkungan, bekas operasi sebelumnya, faktor usia seperti usia lanjut dan di atas 35 tahun.

Selain itu bisa pula disebabkan karena adanya kelainan rahim seperti pernah ada miom maupun tumor.

Perkembangan bayi

Pihaknya menjelaskan dalam kondisi plasenta previa maupu accreta perkembangan kondisi bayi umumnya tidak bermasalah. Yaitu bisa tetap tumbuh dan berkembang dengan baik.

Akan tetapi pihaknya mengimbau apabila ibu hamil diketahui mengalami kondisi demikian untuk tidak melakukan aktivitas hubungan suami istri, berdiri terlalu lama, melakukan angkat berat, mengedan dan jangan melakukan gerakan yang terlalu menekan ke bawah.

Karena bahkan saat tidak dalam kondisi melakukan sesuatu apapun ia bisa berisiko terjadi perdarahan spontan.

Ia juga menambahkan untuk kondisi plasenta previa maupun plasenta akreta semacam ini umumnya kelahiran dilakukan dengan cara operasi caesar mengingat risikonya yang cukup besar sehingga diperlukan tindakan yang harus cepat untuk mengantisipasi perdarahan hebat dan hal yang tidak diinginkan.

https://www.kompas.com/tren/read/2020/09/14/204500365/artis-alice-norin-alami-placenta-previa-totalis-acreta-apa-itu-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke