Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada 15,9 Juta Pendaftar Kartu Prakerja, Berapa yang Sudah Dapat Insentif?

Pendaftaran peserta sudah mencapai gelombang ke-6, program ini masih akan terus dilakukan hingga kuota kepesertaan yang tersedia terpenuhi yaitu sekitar 5,6 juta. 

Program Kartu Prakerja sebelumnya bertujuan untuk perbaikan SDM dalam negeri.

Namun program Kartu Prakerja hari ini justru difokuskan untuk mewadahi para pekerja yang terkena dampak pandemi Covid-19 berupa pemutusan hubungan kerja (PHK).

Dari keterangan resmi dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yang diterima Kompas.com, Sabtu (5/9/2020), perubahan fokus itu didasarkan pada Instruksi Presiden (Inpres) No. 4 Tahun 2020, sehingga program ini menjadi bersifat semi bantuan sosial.

"Program Kartu Prakerja juga berfungsi sebagai jaring pengaman sosial lewat insentif yang diperbesar jumlahnya agar dapat membantu meringankan biaya hidup masyarakat yang terdampak,” kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono, Jumat (4/9).

 Peserta yang mendaftar

Dari gelombang 1-6 sudah ada 15,9 juta orang yang mendaftar dan sebanyak 3 juta orang yang berasal dari 34 provinsi se-Indonesia telah menerima pelatihan Kartu Prakerja.

Sebanyak 849.921 di antaranya bahkan telah menyelesaikan pelatihan pertamanya dan sejumlah 610.563 peserta telah menerima insentif yang dijanjikan.

Evaluasi

Selama lima bulan program Kartu Prakerja berjalan, evaluasi terus dilakukan oleh penyelenggara. 

Dari evaluasi pertama yang hasilnya dirilis 5 Agustus lalu, lebih dari 450.000 penerima Kartu Prakerja berasal dari kelompok yang sesuai dengan kriteria dan tepat sasaran.

Setidaknya, 90 persen dari para penerima program ini adalah pengangguran atau pekerja informal yang terdampak Covid-19.

Sementara ditilik dari aspek pelatihan, Kemenko Bidang Perekonomian menilai sudah tepat secara mutu, harga, dan substansi.

Ini ditunjukkan dari 85 persen penerima yang menyatakan mendapatkan peningkatan kompetensi setelah menerima pelatihan.

Saat ini terdapat 7 platform digital, 4 mitra pembayaran dan 165 lembaga pelatihan yang menyediakan lebih dari 2.000 jenis pelatihan bagi para pesertanya.

Sementara dari aspek insentif, Kartu Prakerja disebut sudah tepat jumlah dan waktu, karena pemanfaatan insentif oleh para penerima adalah diarahkan untuk keperluan pokok sehari-hari.

Kartu Prakerja Gelombang 7

Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja membuka pendaftaran untuk gelombang 7 siang ini, Kamis (3/8/2020).

Head Of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan, pembukaan pendaftaran gelombang 7 dilakukan bersamaan dengan pengumuman hasil seleksi gelombang 6.

Cara mendaftar

Adapun untuk mendaftar program ini bisa mengunjungi laman resminya, Prakerja.go.id. Pada halaman muka di sisi kiri situs tersebut terdapat menu daftar.

Pendaftaran gelombang 7 Prakerja masih sama dengan batch pertama.

Berikut cara daftar Kartu Prakerja gelombang 7, bisa melihat panduan yang disediakan.

1. Membuat akun Prakerja

  • Masuk ke situs www. prakerja.go.id
  • Masukan nama lengkap, alamat email, dan kata sandi baru
  • Cek email dari Kartu Prakerja dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun email. Setelah konfirmasi akun email berhasil, kembali ke situs Prakerja

2. Isi data diri

  • Masuk ke akun dengan alamat email dan kata sandi yang baru dibuat
  • Masukan nomor KTP dan tanggal lahir, lalu klik "Berikutnya".
  • Isi data diri dengan lengkap formulir kartu prakerja (nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, dan foto selfie dengan KTP), lalu klik "Berikutnya"
  • Masukan nomor telepon dan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS

3. Ikuti tes

  • Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama 15 menit.
  • Siapkan alat tulis dan kertas bila perlu
  • Tunggu email pemberitahuan dari Kartu Prakerja setelah menyelesaikan tes
  • Setelah mendapatkan email pemberitahuan, kembali ke situs, dan gabung ke gelombang pendaftaran.

Setelah melewati tahapan cara mendapatkan Kartu Prakerja gelombang 7 tersebut, peserta tinggal menunggu notifikasi apakah diterima atau tidak sebagai peserta Kartu Prakerja 2020 yang bisa dicek di dashboard akun atau menunggu notifikasi SMS.

https://www.kompas.com/tren/read/2020/09/05/153100565/ada-159-juta-pendaftar-kartu-prakerja-berapa-yang-sudah-dapat-insentif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke