Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bagaimana Mensterilkan Tempat yang Pernah Didatangi Orang Positif Corona?

KOMPAS.com -Sepanjang pandemi Covid-19 berlangsung, berbagai upaya dilakukan untuk meghentikan penyebaran virus corona agar tidak menjangkiti lebih banyak orang.

Salah satu cara yang banyak diaplikasikan sejumlah negara adalah dengan menyemprotkan cairan disinfektan ke area atau permukaan yang memiliki potensi adanya virus corona.

Misalnya di Indonesia, penyemprotan disinfektan itu dilakukan di berbagai tempat juga benda, mulai dari lingkungan rumah, permukaan pakaian seseorang, kendaraan bermotor, bahkan ruas jalan raya.

Pusat Pengendalian Penyakit dan Pencegahan Amerika Serikat (CDC) memberikan panduan bagaimana cara melakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan disesuaikan dengan kondisi yang berbeda-beda.

Jika disinggahi orang positif Covid-19

Terdapat perbedaan proses pemberian disinfektan untuk tempat yang pernah disinggahi atau yang pernah didatangi oleh orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Untuk area-area yang pernah disinggahi, namun tidak dalam waktu lama atau menginap, misalnya sekolah, kantor, dan fasilitas lainnnya, berikut ini cara mensterilkan lokasi sesuai arahan CDC.

- Tutup lokasi tersebut dari akses publik

- Buka pintu dan jendela untuk meningkatkan sirkulasi udara di dalam ruangan

- Tunggu selama 24 jam sebelum akhirnya dibersihkan dan diberi disinfektan.

- Bersihkan dan beri disinfektan untuk semua area, mulai dari kantor, kamar mandi, area umum, hingga peralatan elektronik, atau benda lain yang digunakan oleh pasien sebelumnya.

Jika diinapi orang positif Covid-19

- Pindahkan orang yang positif Covid-19 tersebut ke rumah sementara jika dibutuhkan

- Kemudian tutup area yang sebelumnya ditinggali oleh orang tersebut

- Buka pintu dan jendela untuk meningkatkan sirkulasi udara

- Tunggu selama 24 jam sebelum pembersihan dan penyemprotan disinfektan dimulai

- Sementara untuk rumah atau tempat orang positif Covid-19 diisolasi, bersihkan dan semprotkan disinfektan di area yang kerap terjadi interaksi antara orang lain dan orang yang sakit tersebut.

Bagian kamar tidur atau kamar mandi yang hanya digunakan oleh penderita tidak perlu dilakukan pembersihan dan penyemprotan.

-Jika sebuah tempat disinggahi oleh orang positif Covid-19 sudah lebih dari 7 hari, upaya penyemprotan disinfektan seperti ini tidak perlu lagi dilakukan. Cukup lakukan rutinitas pembersihan seperti biasanya.

Sementara untuk semua orang yang menyemprotkan disinfektan, disarankan untuk mengenakan pakaian pelindung dan masker plastik sekali pakai.

Semua pakaian dan sarung tangan itu disesuaikan dengan kandungan yang ada dalam disinfektan.

Setelah selesai dan melepas sarung tangannya, petugas diharuskan untuk mencuci tangan dengan bersih.

https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/11/083000165/bagaimana-mensterilkan-tempat-yang-pernah-didatangi-orang-positif-corona-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke