Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Update! 132 Orang Meninggal, 17 Negara Ini Konfirmasi Terinfeksi Virus Corona

KOMPAS.com - Otoritas China mengumumkan peningkatan total kematian akibat virus corona, dari sebelumnya berjumlah 106 orang meningkat menjadi 132 orang. 

Sementara, ada 6.056 kasus yang dikonfirmasi di seluruh China. Jumlah ini menunjukkan peningkatan yang tajam. Sebelumnya, pada hari Selasa (28/1/2020), tercatat 4.515 orang yang telah terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona tersebut.

Lalu, terdapat lebih dari 70 kasus yang dikonfirmasi di luar China, termasuk AS, Australia, Perancis, dan Jerman. Terbaru, kasus pertama virus corona kembali dikonfirmasi.

Kali ini, terjadi di Uni Emirat Arab (UEA). Melansir Reuters, pasien merupakan salah satu anggota keluarga yang berasal dari pusat kota Wuhan di China.

Keterangan ini disampaikan oleh Kantor Berita WAM pada hari Rabu (29/1/2020) berdasarkan pernyataan Kementerian Kesehatan Uni Emirat Arab.

Jadi, hingga Rabu (29/1/2020) siang, tercatat sudah 17 negara yang mengonfirmasi terinfeksi virus corona ini.

Dihimpun dari berbagai pemberitaan Kompas.com, berikut adalah negara-negara tersebut:

1. China

Di China, jumlah yang terinfeksi virus corona mencapai 6.056 kasus. Jumlah ini menunjukkan peningkatan yang tajam.

Sebelumnya, pada hari Selasa (28/1/2020), tercatat 4.515 orang yang telah terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona tersebut.

Sementara, jumlah pasien yang meninggal pun juga bertambah menjadi 132 orang setelah sehari sebelumnya dinyatakan sebanyak 106 pasien meninggal akibat wabah tersebut. 

Virus corona pertama kali diidentifikasi pada 31 Desember di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China.

Jumlah populasi masyarakat yang mencapai 11 juta dan lokasinya yang terhubung dengan berbagai wilayah lain diperkirakan membuat virus corona menyebar sampai ke kota lain, bahkan luar negeri.

Dikutip dari CNBC, guna menangani kasus ini, China mengalokasikan 1 miliar yuan atau setara 145 juta dollar AS untuk menangani wabah tersebut. Selain China, daerah administratif khusus Makau dan Hong Kong juga mengonfirmasi kasus virus corona.

2. Malaysia

Hingga Minggu (26/1/2020), Kuala Lumpur telah mengumumkan adanya 4 kasus yang terkonfirmasi virus corona.

Namun, pada Rabu (29/1/2020), Kementerian Kesehatan Malaysia mengumumkan ada tiga orang lagi yang terinfeksi virus corona.

Dengan demikian saat ini di Malaysia sudah tujuh orang yang terkena virus tersebut, dan semuanya merupakan warga negara China.

3. Uni Arab Emirat

Terbaru, Uni Arab Emirat juga mengonfirmasi terdeteksinya kasus virus corona di negaranya.

Pasien disebut adalah anggota keluarga yang datang dari pusat kota Wuhan, China.

Akan tetapi, pihak Uni Arab Emirat tidak memberikan detail tempat tinggal maupun di mana para pasien terdeteksi ini menerima pengobatan.

UEA merupakan salah satu hub transportasi udara terbesar di dunia. Sementara Bandara Internasional Dubai adalah bandara tersibuk ketiga dan menjadi hub bagi maskapai Emirat.  

4. Jepang

Kementerian Kesehatan Jepang telah mengonfirmasi kasus keempat dari penularan virus corona di negaranya.

Pada Minggu (26/1/2020), disebutkan pasien dalam kasus terbaru adalah seorang laki-laki berusia 40-an yang berasal dari Wuhan.

5. Korea Selatan

Korea Selatan juga mengonfirmasi terdeteksinya kasus virus corona di negaranya. Hingga Senin (27/1/2020), sudah ada 4 kasus di negaranya.

Selain itu, ada 57 orang yang diduga terserang virus yang sama, dengan 56 di antaranya negatif dan 1 sisanya tengah menunggu hasil tes keluar.

6. Taiwan

Di Taiwan, 5 kasus infeksi virus corona Wuhan atau 2019-nCoV telah ditemukan hingga Senin (27/1/2020). Angka tersebut mengalami penambahan setelah sebelumnya berjumlah 3 kasus.

Pada 22 Januari 2020, Taiwan mengonfirmasi kasus virus corona pertamanya. Virus corona menginfeksi perempuan Taiwan berusia 50-an tahun yang tinggal dan bekerja di Wuhan.

Saat sampai di Bandara Taiwan, ia dilarikan ke rumah sakit karena menunjukkan gejala virus corona dari demam batuk hingga sakit tenggorokan.

7. Thailand

Thailand juga telah mengonfirmasi 8 kasus infeksi virus corona per Senin (27/1/2020).

Lima di antaranya merupakan turis asal China yang tengah berwisata ke Thailand. Mereka pun telah dikembalikan ke negaranya.

8. Singapura

Berdasarkan keterangan Kementerian Kesehatan Singapura, Minggu (26/1/2020), di sana, sudah ada 4 kasus infeksi virus corona.

Kasus keempat terjadi pada laki-laki berusia 36 tahun asal Wuhan yang tiba di Singapura bersama keluarganya pada 22 Januari lalu. 

9. Australia

Hingga Senin (27/1/2020), ada 5 kasus virus corona yang telah terkonfirmasi terdapat di Australia. Angka ini bertambah dibandingkan pada Minggu (26/1/2020) dengan virus corona yang dikonfirmasi berjumlah 4 kasus.

10. Amerika Serikat

Infeksi virus corona yang terkonfirmasi di Amerika Serikat hingga Senin (27/1/2020) mencapai 5 kasus.

Pada Selasa (20/1/2020), Amerika Serikat melaporkan kasus pertamanya. Virus corona dilaporkan menginfeksi pria yang kembali ke Washington usai kunjungannya ke Wuhan.

Pada Jumat (25/01/2020) kasus kedua di AS juga kembali dikonfirmasi. Perempuan 60 tahun dirawat di Rumah Sakit Chicago usai dari datang dari Wuhan pada 13 Januari 2020.

11. Kamboja

Kamboja juga telah mengumumkan kasus pertama virus corona pada Senin (27/1/2020). Pasien pertama merupakan pria 60 tahun.

Pria tersebut terpapar setelah bertolak dari Wuhan. Saat ini, pria tersebut dikabarkan berada dalam kondisi yang stabil.

12. Nepal

Nepal juga telah mengumumkan kasus di negaranya yang positif terinfeksi virus corona. Pasien merupakan seorang pria berusia 32 tahun dari Wuhan.

Ia dilaporkan sudah dipulangkan setelah dirawat dan dinyatakan sembuh.

13. Kanada

Kanada mengonfirmasi satu kasus virus corona pada Senin (27/1/2020). Kasus pertama ini terjadi pada seorang pria. Sementara itu, kasus kedua masih bersifat dugaan. Untuk kasus kedua, terduga adalah istri dari pasien pertama.

Keduanya diyakini terinfeksi saat berkunjung ke Wuhan.

14. Sri Lanka

Sri Lanka juga mengonfirmasi kasus pertama virus corona di negaranya pada Senin (27/1/2020). Kasus pertama ini terjadi pada warga China berusia 43 tahun yang datang sebagai wisatawan pekan lalu.

15. Perancis

Perancis menjadi negara pertama di Eropa yang mengumumkan terjangkitnya virus ini. Di Perancis, ada tiga kasus yang telah dilaporkan.

16. Vietnam

Di Vietnam, ada dua kasus yang telah diumumkan dan dikonfirmasi sebagai virus corona. Pasien terdiri atas ayah dan anak, dengan ayah yang telah terinfeksi terlebih dahulu.

Ia diduga menularkan virus ini kepada anaknya ketika berkunjung ke Ho Chi Minh pada awal Januari.

17. Jerman

Jerman menjadi negara kedua di Eropa yang mengumumkan kasus virus corona. Pasien pertama adalah pria asal Region Starnbeg. Hingga saat ini, pasien tersebut dilaporkan berada dalam kondisi yang baik. 

(Sumber: Kompas.com/ Vina Fadhrotul Mukaromah |Editor: Virdita Rizki Ratriani)

https://www.kompas.com/tren/read/2020/01/29/135500165/update-132-orang-meninggal-17-negara-ini-konfirmasi-terinfeksi-virus-corona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke