Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kasus Suami Aniaya Istri, Ini 4 Cara Mengatasi Cemburu yang Berlebihan

KOMPAS.com - Seorang suami di Ogan Ilir Sumatera Selatan, Avid (48) dikabarkan tega menganiaya istrinya, Santi (40) hingga tewas dengan cara dipukul menggunakan besi behel, Rabu (4/9/2019).

Perbuatan nekat sang suami tersebut dilandasi faktor cemburu dan menuduh istrinya telah menjalin hubungan dengan orang lain.

Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah cemburu pada pasangan kita?

Dilansir dari laman Hello Sehat, cemburu merupakan perasaan alami dari manusia ketika ada ancaman yang dianggap membahayakan keberadaan dirinya.

Rasa cemburu dapat memberikan efek tidak nyaman, tidak dihargai, sensitif, marah, sedih, frustasi, bahkan bisa juga berujung depresi. Berikut 4 cara mengatasinya:

1. Jangan langsung menghakimi

Perasaan cemburu akan menimbulkan efek negatif dan pada akhirnya akan menyebabkan konflik, perpisahan, bahkan kekerasan dalam hubungan.

Anda perlu mengubah pola berpikir dan memandang sesuatu. Hanya karena Anda merasa ada ancaman, lalu Anda berpikir bahwa hal tersebut pasti akan terjadi.

Hal tersebut dapat memicu cemburu yang berlebihan bila Anda tidak mengendalikannya. Pikirkan secara matang dan gunakan logika Anda.

Secara tidak langsung, kecemburuan ini berkaitan dengan komitmen yang Anda buat dengan pasangan semenjak pertama kali menjalin hubungan.

Bila Anda sudah yakin bahwa ia mencintai Anda sepenuh hati, lalu apa yang harus dipermasalahkan?

2. Kelola stres dan emosi 

Cemburu bisa juga terjadi karena rasa stres dari diri kita yang menumpuk dan dibiarkan terus hingga berakibat muncul emosi yang sulit untuk dikendalikan.

Sebaiknya, Anda mencari cara untuk mendinginkan kepala dan hati sebelum berhadapan empat mata dengan pasangan Anda.

Anda dapat mencoba berlatih teknik pernapasan dalam, mendengarkan musik, menyendiri untuk bermeditasi, tidur siang, berjalan-jalan sekeliling kompleks rumah, membaca buku, curhat dengan sahabat, mempercantik diri di salon, hingga olahraga untuk melampiaskan kekesalan.

Intinya, lakukanlah hal-hal sederhana yang dapat memperbaiki mood dan membuat Anda bahagia.

Stres yang dikelola dengan baik akan membantu menekan panasnya rasa cemburu. Bukan tidak mungkin setelah melepas stres, Anda sudah tidak lagi cemburu pada pasangan Anda.

3. Sampaikan langsung uneg-uneg Anda

Mengungkapkan rasa cemburu dengan marah, menyindir halus, atau menuduh pasangan dengan hal macam-macam, tidak akan membuat suasana menjadi lebih baik.

Sampaikan langsung apa yang Anda sedang curigai kepada pasangan Anda dan berbicaralah secara terus terang.

Sebaiknya buatlah janji dengan pasangan untuk sama-sama meluangkan waktu demi membicarakan masalah tersebut hingga tuntas.

Tetapi, Anda harus dalam keadaan tenang dan logis dahulu sebelum membicarakan apa yang ingin Anda bicarakan dengan pasangan.

4. Negosiasi

Setelah itu, lakukan negosiasi atau diskusikan bagaimana solusi yang tepat atas permasalahan Anda. Meminta tindakan secara spesifik dari pasangan juga dapat membantu Anda merasa lebih "plong".

Misalnya, ketika Anda cemburu pasangan Anda selalu lama membalas pesan Anda, maka mintalah untuk mengusahakan mengabari Anda di waktu luangnya.

Bila memang tidak sempat ngobrol panjang, mintalah pasangan untuk paling tidak memberi tahu Anda dengan jelas situasi yang tengah ia alami.

Mengatasi rasa cemburu memang susah-susah gampang. Hal ini tergantung seberapa keras usaha Anda untuk mengendalikannya.

Salah satu hal yang dapat meredakan rasa cemburu adalah dengan membangun kepercayaan pada diri sendiri dan pasangan Anda.

Selalu tanamkan bahwa komunikasi adalah kunci penting dalam hubungan asmara. Anda dan pasangan harus bersama-sama membangun komitmen untuk saling terbuka bila masalah melanda, terutama soal kecemburuan.

https://www.kompas.com/tren/read/2019/09/05/141355465/kasus-suami-aniaya-istri-ini-4-cara-mengatasi-cemburu-yang-berlebihan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke