Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dihantui Rasa Takut setelah Membaca Cerita KKN di Desa Penari, Wajarkah?

KOMPAS.com - Sudahkah Anda membaca kisah horor KKN di Desa Penari yang viral di media sosial beberapa waktu belakangan ini?

Kisah KKN di Desa Penari diunggah oleh akun anonim @SimpleM81378523 pada 24 Juni 2019.

Namun, baru menjadi perbincangan saat ini.

Bahkan, muncul beberapa versi cerita lain dari sudut cerita yang berbeda.

Singkatnya, KKN di Desa Penari merupakan kisah sekelompok mahasiswa yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sebuah wilayah.

Pada masa KKN itu, mereka justru mengalami serangkaian kejadian misterius dan horor saat berada di desa tempat mereka KKN.

Apa yang dirasakan setelah membaca rangkaian cerita horor ini?

Beragam reaksi muncul. Dari pantauan Kompas.com terhadap beragam komentar di Twitter, ada mengaku langsung berimajinasi terhadap sosok dan lokasi yang digambarkan dalam cerita.

Ada pula yang mengaku dihantui perasaan takut.

Wajarkah hal seperti ini dialami setelah kita membaca cerita horor?

Dihantui perasaan takut

Psikolog Dr Rose Mini Agoes Salim, MPsi, mengatakan perasaan yang muncul setelah membaca cerita horor itu adalah yang wajar.

Menurut dia, kemampuan visual spasial intelegensi seseorang akan membuatnya membayangkan hal-hal menakutkan atau menyeramkan yang telah dibacanya.

Hal itu menyebabkan adanya rasa takut atau was-was terhadap sesuatu yang awalnya biasa saja kemudian menjadi sesuatu yang menakutkan.

Namun, jika seseorang sudah tidak bisa membedakan antara realitas dan khayalan, maka perasaan itu dinilainya sudah tidak wajar.

"Kan kalau misalnya kain kalau kena pintu terbuka kan ada angin, terus kemungkinan bergoyang. Nah kalau itu dianggap sebagai ada setan kan itu jadi enggak logis, sudah enggak bener," kata Rose Mini saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (31/8/2019).

"Tapi kalau masih bisa membedakan ini realitasnya emang gini kena angin ya goyang, berarti tidak masalah," lanjut dia.

Selain itu, ketakutan yang bisa mengganggu kehidupan sehari-hari juga bisa dikategorikan sebagai perasaan yang tidak wajar.

Oleh karena itu, menurut Rose Mini, perasaan takut yang dirasakan setelah membaca cerita horor seharusnya dimasukkan dalam memori sesuai dengan porsinya.

"Kalau kaya gitu kan memang harusnya ditaruh di dalam memori kita sesuai dengan porsinya," ujar Rose.

"Tapi kan intinya itu bukan nyata. Kalau itu sudah ditempatkan di dunia nyata, itu sudah tidak wajar," lanjutnya.

Cerita horor yang menampilkan sesuatu yang berbeda dan di luar kebiasaan manusia, menurut Rose Mini, akan selalu menimbulkan rasa penasaran.

Hal itu menyebabkan cerita horor banyak diminati.

Apalagi, jika cerita itu diangkat dari tempat-tempat yang diketahui orang.

https://www.kompas.com/tren/read/2019/08/31/165956465/dihantui-rasa-takut-setelah-membaca-cerita-kkn-di-desa-penari-wajarkah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke