Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Layanan Telepon dan SMS Telkomsel di Jayapura Papua 90 Persen Sudah Normal

Gangguan ini terjadi sebagai imbas dari aksi massa yang terjadi di Jayapura.

Dalam aksi itu, massa membakar Gedung Layanan TelkomGroup, termasuk kantor layanan atau GraPARI Telkomsel.

"Saat ini layanan telepon dan SMS Telkomsel di Kota Jayapura sudah 90 persen beroperasi normal untuk layanan telepon dan SMS. Pemulihan layanan telepon dan SMS terus dioptimalkan guna memastikan percepatan kenyamanan berkomunikasi pelanggan di Kota Jayapura," kata VP Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin, melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (31/8/2019) siang.

Denny mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah, Polri, TNI, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta aparat setempat untuk mengambil tindakan preventif.

Tindakan preventif itu di antaranya melakukan pengamanan aset serta fasilitas pendukung alat produksi, termasuk memastikan keselamatan dan keamanan karyawan yang bertugas di seluruh wilayah Papua.

Telkomsel juga tetap menyiagakan tim atau petugas serta berkoordinasi dengan Posko Krisis Telkom Group untuk memastikan layanan telekomunikasi bisa segera dinikmati secara keseluruhan.

Namun, untuk saat ini, lanjut dia, Kantor layanan Telkomsel (GraPARI) di Kota Jayapura belum dapat beroperasi hingga waktu yang belum dapat ditentukan.

"Pelanggan dapat memanfaatkan layanan call center di nomor 188," ujar dia.

Pada 23 Agustus 2019, pemerintah melalui Kementerian Kominfo melakukan pemblokiran sementara layanan data telekomunikasi di wilayah Papua dan Papua Barat.

"Pemblokiran sementara layanan Data Telekomunikasi di Provinsi Papua dan Papua Barat, masih berlanjut hingga suasana Tanah Papua kembali kondusif dan normal, maka Telkomsel sebagai operator penyedia layanan telkomunikasi mengikuti perintah yang telah ditetapkan pemerintah tersebut," kata Denny.

Denny menjelaskan, pihaknya selalu melakukan pemantauan kualitas layanan secara berkala hingga nanti diputuskan oleh pemerintah untuk pemulihan akses layanan data.

"Telkomsel berharap agar situasi di Tanah Papua semakin kondusif demi menjaga keutuhan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang harus kita jaga bersama sama," ujar dia.

https://www.kompas.com/tren/read/2019/08/31/155621165/layanan-telepon-dan-sms-telkomsel-di-jayapura-papua-90-persen-sudah-normal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke