Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Hari Kucing Hitam Nasional

Kompas.com - 27/10/2023, 23:00 WIB
Widya Lestari Ningsih

Penulis

KOMPAS.com - Hari Kucing Hitam Nasional atau National Black Cat Day dirayakan pada tanggal 27 Oktober.

Setiap 27 Oktober, para pencinta kucing ramai-ramai menggunakan tagar #BlackCatDay di media sosial untuk merayakan hari spesial bagi si kucing hitam.

Ide perayaan Hari Kucing Hitam ternyata tidak lepas dari mitos-mitos yang menyelimuti kucing hitam, yang membuatnya menerima perlakuan diskriminatif.

Berikut ini sejarah Hari Kucing Hitam Nasional dirayakan setiap 27 Oktober.

Baca juga: Sejarah Hari Senyum Sedunia yang Diperingati Awal Oktober

Sejarah Hari Kucing Hitam Nasional

Ide perayaan Hari Kucing Hitam Nasional dicetuskan oleh badan amal kesejahteraan kucing terbesar di Inggris, Cats Protection, pada 27 Oktober 2011.

Menurut Cats Protection, kucing hitam selalu membutuhkan waktu lebih lama untuk diadopsi.

Rata-rata, butuh waktu sekitar tujuh hari lebih lama bagi kucing hitam untuk diadopsi dibandingkan dengan kucing dengan warna lain.

Selain tingkat adopsinya lebih rendah, tingkat eutanasia (suntik mati) terhadap kucing hitam lebih tinggi dibandingkan kucing lainnya.

Baca juga: Sejarah Hari Musik Nasional, Diperingati Setiap 9 Maret

Diskriminasi yang diterima kucing hitam tidak lepas dari mitos-mitos yang mengelilinginya.

Di banyak negara di dunia, kucing hitam dikaitkan dengan setan, membawa kesialan, bahkan orang-orang percaya kucing hitam adalah jelmaan penyihir.

Pandangan kucing hitam berkaitan dengan berbagai hal yang berbau mistis dan niat jahat telah dimulai sejak abad pertengahan.

Mitos ini sempat menyebabkan pembunuhan massal yang mengerikan terhadap kucing hitam.

Tidak hanya itu, pada abad ke-17, masyarakat Amerika yang kedapatan memelihara kucing hitam bisa dijatuhi hukuman berat, bahkan hukuman mati.

Selama berabad-abad, mitos-mitos kucing hitam terus melekat di masyarakat hingga banyak orang yang memilih untuk tidak memeliharanya.

Hari Kucing Hitam Nasional yang dicetuskan Cats Protection berbuah manis, karena kucing hitam perlahan tidak lagi dipandang mengerikan seperti sebelumnya.

Baca juga: Sejarah Hari Lanjut Usia Nasional 29 Mei

Di samping banyaknya mitos mengerikan yang menyelimuti kucing hitam, ada pula yang percaya kucing hitam bisa membawa hal-hal baik.

Di beberapa negara, misalnya di Skotlandia, Inggris, dan Jepang, kehadiran atau kemunculan kucing hitam diartikan sebagai pertanda keberuntungan dan kemakmuran finansial.

Kucing hitam juga diyakini bisa membantu kehidupan cinta. Di Jepang misalnya, perempuan lajang yang memiliki kucing hitam dipercaya akan menarik lebih banyak pelamar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com