Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuan Kongres Pemuda I

Kompas.com - 07/09/2023, 12:00 WIB
Endang Mulyani,
Widya Lestari Ningsih

Tim Redaksi

KOMPAS.COM - Kongres Pemuda I dilaksanakan pada tanggal 30 April hingga 2 Mei 1926 di Kawasan Lapangan Banteng, Jakarta.

Kongres Pemuda I dipimpin oleh Mohammad Tabrani, dengan Soemarmo ditetapkan sebagai wakilnya.

Berikut ini tujuan Kongres Pemuda I dan hasilnya.

Baca juga: Kongres Pemuda I: Latar Belakang, Tujuan, Ketua, dan Hasil

Apa tujuan dari Kongres Pemuda I?

Tujuan Kongres Pemuda I adalah untuk menggugah semangat kerja sama di antara berbagai organisasi pemuda pelajar di Indonesia.

Pada 1908, lahir organisasi pergerakan nasional pertama bernama Budi Utomo.

Sejak Budi Utomo berdiri, berbagai organisasi pemuda lain juga bermunculan yang bersifat kedaerahan, seperti Tri Koro Dharmo atau Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Ambon, dan banyak lainnya.

Baca juga: 9 Tokoh Pendiri Budi Utomo

Seiring berjalannya waktu, lahir pula organisasi yang lebih luas lagi, seperti Perhimpunan Indonesia, yang kemudian menjadi organisasi politik.

Dari banyaknya organisasi pemuda yang muncul, maka banyak juga pemikiran atau gagasan yang berbeda-beda, meskipun memiliki satu tujuan yang sama yakni mencapai cita-cita bangsa.

Salah satu upaya untuk memperoleh kesatuan pendapat tersebut maka perlu dilakukan sebuah pertemuan besar yang kemudian disebut Kongres Pemuda I.

Dalam kongres ini, dibahas beberapa persoalan, mulai dari pembentukan badan pusat, gagasan persatuan, peran wanita, peran agama, serta peran bahasa untuk mencapai Indonesia merdeka.

Selama tiga hari kongres, beberapa pembicara mengutarakan pendapatnya, salah satunya Paul Pinontoan, yang berpidato mengenai peranan agama dalam pergerakan nasional.

Baca juga: Kongres Pemuda II, Lahirnya Sumpah Pemuda

Agama dinilai memiliki peranan penting dalam pembentukan pejuang-pejuang yang tanpa pamrih mengabdi pada gerakan persatuan.

Kendati demikian, Pinontoan menyatakan bahwa dalam gerakan persatuan, agama tidak boleh memiliki peran secara langsung di dalamnya.

Untuk mewujudkan persatuan bangsa, umat Muslim dan Kristen di Indonesia perlu meninggalkan kefanatikan mereka akan agama.

Kongres Pemuda I menghasilkan beberapa poin penting, yaitu:

  • Cita-cita Indonesia merdeka menjadi cita-cita seluruh pemuda Indonesia
  • Seluruh perkumpulan pemuda berupaya untuk menggalang persatuan organisasi pemuda dalam suatu wadah
  • Mengakui dan menerima cita-cita persatuan Indonesia

Hasil Kongres Pemuda I dapat meningkatkan kemajuan yang mendukung betapa pentingnya kesatuan dan persatuan antarpemuda Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com