JB Sumarlin: Pendidikan, Karier, dan Wafat

Kompas.com - 30/11/2021, 08:00 WIB
JB Sumarlin ekonom Indonesia asal Blitar WikipediaJB Sumarlin ekonom Indonesia asal Blitar

KOMPAS.com - Johannes Baptista Sumarlin atau dikenal sebagai JB Sumarlin adalah ekonom Indonesia yang pernah mengampu jabatan penting di bidang ekonomi. 

Ia pernah menjabat sebagai Ketua BPK, Menteri Keuangan, Ketua Bappenas, dan Menteri Negara (Meneg) Penertiban Aparatur Negara. 

Sumarlin juga dikaitkan dengan Mafia Berkeley, kelompok penasihat ekonomi Indonesia yang dibentuk Soeharto pada masa Orde Baru. 

Baca juga: Utang Luar Negeri Masa Orde Baru

Riwayat pendidikan

JB Sumarlin lahir di Blitar, Jawa Timur, pada 7 Desember 1932. Ia merupakan putra dari pasangan Sapoean Pawirodikroo dan Karmilah, seorang buruh tani. 

Sewaktu kecil, Sumarlin bersekolah di SD Negeri I Blitar (1944). Setelah lulus, ia melanjutkan pendidikan di SMP Kediri dan Yogyakarta (1947). 

Setelah itu, Sumarlin lanjut studi ke SMA Negeri 1 Yogyakarta dan dilanjutkan ke SMA 1 Budi Utomo Jakarta (1952). 

Usai menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA), ia melanjutkan studinya ke Universitas Indonesia dengan mengambil jurusan ekonomi dan lulus tahun 1958. 

Setelah lulus dengan gelar Sarjana Ekonomi di Universitas Indonesia, Sumarlin sempat bekerja sebagai asisten dosen selama beberapa tahun. 

Pada 1960, Sumarlin berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan ekonominya di Universitas California, Berkeley, Amerika Serikat.

Sumarlin berhasil menyelesaikan pendidikannya di University of California dan menyandang gelar Master of Arts (MA) di bidang ekonomi. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.