Perang Tujuh Tahun: Latar Belakang dan Dampaknya

Kompas.com - 30/06/2021, 21:00 WIB
Perang Tujuh Tahun di Prusia. Wikimedia Commons/Alexander KotzebuePerang Tujuh Tahun di Prusia.

KOMPAS.com - Pada pertengahan 1700-an, Inggris terlibat dalam dua perang besar, yaitu Perang Suksesi Austria (1740-1748) dan Perang Tujuh Tahun (1756-1763).

Perang Tujuh Tahun adalah perang antara Inggris dan Perancis untuk memperebutkan dominasi global yang juga berpengaruh besar terhadap Kekaisaran Spanyol.

Selain itu, Perang Tujuh Tahun juga melibatkan banyak negara dan pada akhirnya memengaruhi banyak peristiwa besar secara global di kemudian hari.

Oleh karena itu, perang ini sering disebut sebagai Perang Besar pertama, yang bahkan terjadi hampir 160 tahun sebelum Perang Dunia I.

Latar belakang meletusnya Perang Tujuh Tahun

Di Eropa, konflik mencuat dari masalah yang tidak terselesaikan oleh Perang Suksesi Austria, di mana Prusia mencari dominasi yang lebih besar.

Sementara Austria ingin merebut kembali Silesia yang direbut oleh Prusia pada perang sebelumnya.

Di saat yang sama, angkatan darat dan laut Inggris, Perancis, juga Spanyol bertempur untuk memperebutkan daerah jajahan di Amerika Utara dan Kepulauan Karibia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Permusuhan semakin memanas dan meluas saat sebuah unit Inggris yang dipimpin oleh Letnan Kolonel George Washington menyergap pasukan Prancis di Pertempuran Jumonville Glen pada 28 Mei 1754.

Pada 1756, empat kekuatan besar ini "bertukar sekutu", di mana Inggris bersekutu dengan Prusia melawan Prancis, Austria, dan Rusia.

Baca juga: Perang Indochina I, II, dan III

Jalannya Perang Tujuh Tahun

Tokoh-tokoh penting yang terlibat dalam Perang Tujuh Tahun adalah Ratu Maria Theresa (Austria), George II dan George III (Inggris), Louis XV (Prancis), Frederick II atau Frederick Agung (Prusia), dan Ratu Elizabeth (Rusia).

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.