Kompas.com - 20/04/2021, 06:20 WIB
Olahraga dapat menjaga kebugaran dan metabolisme tubuh. Buat perempuan, olahraga dapat membantu membentuk tubuh agar ideal karena kalori maupun lemak ikut terbakar saat melakukan aktivitas tersebut. ShutterstockOlahraga dapat menjaga kebugaran dan metabolisme tubuh. Buat perempuan, olahraga dapat membantu membentuk tubuh agar ideal karena kalori maupun lemak ikut terbakar saat melakukan aktivitas tersebut.

KOMPAS.com - Kekuatan atau strength dalam bahasa Inggris merupakan salah satu komponen penting dalam kebugaran jasmani.

Kekuatan bisa digunakan untuk menilai seseorang terkait kebugaran jasmani. Kekuatan juga bisa ditingkatkan dengan latihan rutin.

Pengertian Kekuatan

Komponen kebugaran jasmani kekuatan berarti kemampuan otot untuk menerima beban saat melakukan aktivitas.

Mengutip buku Coaching dan Aspek-aspek Psikologi dalam Coaching karya Harsono (1988), kemampuan otot dalam melakukan kontraksi untuk membangkitkan tegangan terhadap suatu tahanan disebut kekuatan.

Kekuatan otot tangan dan kaki bisa diperoleh jika rutin melakukan latihan kebugaran jasmani.

Baca juga: Jenis-jenis Tes Kebugaran Jasmani

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam melakukan latihannya harus dilakukan secara bertahap. Tidak bisa terlalu memaksakan diri, karena bisa menimbulkan cedera.

Manfaat Latihan Kekuatan

Seperti dijelaskan di atas kemampuan otot menahan tegangan disebut kekuatan.

Latihan kekuatan sendiri memiliki beberapa manfaat, salah satunya adalah menjaga berat badan ideal.

Baca juga: 10 Komponen Kebugaran Jasmani

Dikutip dari American Cancer Society, saat Anda menambah masa otot, tubuh Anda mulai membakar kalori dengan lebih mudah, sehingga bisa untu mengontrol berat badan.

Selain itu, apa lagi manfaat dari latihan kekuatan?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X