Kompas.com - 25/03/2021, 10:00 WIB
Jalanan mendaki dalam trail running EpicStockMediaJalanan mendaki dalam trail running

KOMPAS.com - Tes kebugaran jasmani adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk menilai atau mengukur sejauh mana kemampuan kebugaran dan mengetahui tingkat kebugaran jasmaninya.

Semakin rutin seseorang melakukan aktivitas latihan kebugaran jasmani, kemampuan aktivitas fisiknya akan semakin tinggi.

Agar mengetahui tingkat kebugaran jasmani seseorang, maka diperlukan tes untuk mengujinya karena kegiatan tersebut bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani seseorang.

Adapun, International Committee on the Standardization of Physical Fitness Test, disingkat ICSPFT, merupakan organisasi internasional yang sasaran kegiatannnya menyusun dan membakukan atau memberi standar berbagai bentuk tes kebugaran jasmani.

Baca juga: 5 Komponen Kebugaran Jasmani

Sementara, Asian Committee on the Standardization of Physical Fitness Tes (ACSPFT), adalah anak induk dari ICSPFT.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam pelaksanaan tes kebugaran jasmani, perlu ditekankan dengan adanya syarat yang harus dipenuhi dalam melakukan tes dan pengukuran kebugaran jasmani.

Selain itu, sebelum melakukan tes kebugaran jasmani agar tidak terjadi cedera maka terlebih dahulu dilakukan pemenasan terlebih dahulu.

Mengutip buku Tes dan Pengukuran untuk Evaluasi dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga (2017) karya Drs. Ngatman, M. Pd dan Fitria Dwi Andriyani, M. Or, berikut syarat-syaratnya:

  • Kesahihan (validasi)
  • Reabilitas (konsistensi)
  • Objektivitas
  • Norma
  • Administrasi Tes Mudah
  • Kesesuaian Usia dan Jenis Kelamin
  • Nilai Pendidikan
  • Pembeda
  • Keamanan
  • Tipe Tes

Sementara mengutip dari materi pelajaran, Cerdika.com, ada beberapa jenis latihan dalam tes kebugaran jasmani, yaitu:

Tes Kekuatan dan Daya Tahan Otot

Tes kekuatan dan daya tahan otot bisa membantu menentukan kelompok otot mana yang punya kekuatan paling besar, dan mana yang lebih lemah dan berisiko cedera.

Halaman:


Sumber Cerdika
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X