Kompas.com - 19/04/2021, 17:20 WIB
Perenang Indonesia Adrianida Saleh memacu kecepatan saat bertanding cabang olahraga Modern Pentathlon Asian Games ke-18 Tahun 2018 di SMA Adria Pratama Mulya, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (31/8/2018). Adrianida berada pada posisi 10 dengan catatan waktu 2 menit dan 21.39 detik. KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELIPerenang Indonesia Adrianida Saleh memacu kecepatan saat bertanding cabang olahraga Modern Pentathlon Asian Games ke-18 Tahun 2018 di SMA Adria Pratama Mulya, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (31/8/2018). Adrianida berada pada posisi 10 dengan catatan waktu 2 menit dan 21.39 detik.

KOMPAS.com - Setiap jenis gaya renang memiliki tekniknya masing-masing.

Salah satunya adalah perbedaan renang gaya dada (breaststroke) dengan gaya bebas (front crawl).

Renang gaya dada merupakan teknik berenang dengan posisi tubuh seperti merangkak di permukaan air lalu dikombinasikan dengan gerakan kaki dan tangan.

Sementara, gaya yang tidak terikat dengan teknik-teknik dasar tertentu disebut renang gaya bebas.

Baca juga: Mengenal Kolam Renang Terbesar Se-Asia Tenggara di Indonesia

Lalu, apa yang menyebabkan gaya dada berbeda dengan gaya bebas walaupun posisi dada sama-sama menghadap air?

Yang membedakan dari kedua gaya tersebut meski posisi dada sama-sama menghadap air adalah mengeluarkan kepala saat bernapas.

Adapun, antara renang gaya dada dan gaya bebas memiliki perbedaan.

Mengutip Modul Melesat di Air, Pendidikan Olahraga dan Rekreasi Paket B Setara SMP/MTs Kelas IX, berikut perbedaan gaya dada dengan gaya bebas:

Baca juga: Nomor Renang Gaya Dada yang Dilombakan

  • Gerakan tangan

Salah satu perbedaan gaya dada dan gaya bebas terletak pada gerakan tangan. Renang gaya dada dilakukan dengan menarik dan menekuk kedua siku ke samping, kemudian di dorong ke bawah dada.

Sementara itu, gerakan tangan dalam renang gaya bebas dilakukan dengan mengayunkan kedua tangan ke depan secara bergantian.

  • Gerakan kaki

Baca juga: Jumlah Lintasan Kolam Renang Berdasarkan Tingkat Kompetisi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X